Kekurangan dan kelebihan kayu asam untuk furniture - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kekurangan dan kelebihan kayu asam untuk furniture

Navigasi Info - sedari dulu dunia furniture sudah identik atau dekat dengan dunia perkayuan walaupun beberapa pihak baik itu para pebisnis furniture ataupun pemerintah mulai mengurangi penggunaan bahan kayu disebabkan kian hari jumlah tanaman atau pohon penopang hutan semakin berkurang.

Kekurangan dan kelebihan kayu asam untuk furniture
Kekurangan dan kelebihan kayu asam untuk furniture


Tak heran beberapa barang yang dulunya terbuat dari bahan baku kayu mulai di gantikan dengan logam maupun plastik akan tetapi para penyuka furniture yang terbuat dari kayu atau produk dari bahan olahan kayu lainnya masih sangat banyak oleh sebab itu baik pemerintah maupun produsen furniture berupaya mencari alternatif lain untuk mengurangi penebangan liar pohon di hutan yaitu salah satunya dengan cara memanfaatkan kayu pertanian seperti sengon , karet , mangga , nangka , kayu asem dan sebagainya.


Di rubik bisnis furniture kali ini kita akan membahas masalah kayu pertanian khususnya kayu asem dimana belum pernah kita bahas.

Tanaman asam merupakan salah satu tanaman pertanian yang menghasilkan buah yang berasa asam di lidah kita sesuai dengan namannya beberapa masyarakat kita juga menyebut tanaman ini dengan asam Jawa yang mana mempunyai nama ilmiahnya sendiri dengan nama ilmiah Tamarindus indica, yang termasuk suku Fabaceae (Leguminosae). Spesies ini adalah satu-satunya anggota marga Tamarindus. Nama lain asam jawa adalah asam (Mly.), asem (Jw., Sd.), accem (Md.), asang jawa, asang jawi (berbagai bahasa di Sulawesi) dan lain-lain. Juga sampalok, kalamagi (Tagalog), magyee (Burma), ma-kham (Thai), khaam (Laos), khoua me (Kamboja), me, trai me (Vietnam), dan tamarind (Ingg.). Buah yang telah tua, sangat masak dan dikeringkan biasa disebut asem kawak.


Pohon asam salah satu tanaman yang memiliki jenis kayu yang keras tinggi batang pohon kayu asam bisa mencapai 30 meter dari tanah dengan diameter batang kayu bisa mencapai 2 meter kayu asam Jawa sangat baik untuk di jadikan beberapa olahan kayu termasuk furniture sedangkan buah nya dapat digunakan untuk keperluan kesehatan dan kebugaran tak heran baik jamu , minuman wedang bahkan sayuran sering menggunakan buah asam Jawa ini terutama untuk masyarakat Indonesia sangat familiar dengan buah asam Jawa ini.

Kelebihan dan kekurangan kayu asem untuk furniture


Setelah kita mengenal pohon asam Jawa pasti kalian juga ingin mengetahui bagaimana kualitas yang di hasilkan dari furniture yang terbuat dari bahan kayu asam bukan oleh sebab itu kita telah merangkumnya dari berbagai sumber untuk kita sajikan ke kalian yang mana sebagai berikut :

Kelebihan kayu asam


Hal pertama yang akan kita bahas adalah kelebihan apa saja yang dimiliki oleh kayu asam jika kita jadikan produk berbahan kayu maupun furnitur seperti kursi , meja , lemari , dipan dan lainnya yang mana sebagai berikut :

Kayu asam mempunyai serat yang indah


Memiliki serat yang khas dan indah tak heran sering digunakan untuk dijadikan gagang keris atau senjata tradisional lainnya yang mana memiliki ke indahan tersendiri dari corak warna serat kayu asam.

Termasuk kayu keras


Dari segi kekerasan kayu asam termasuk kayu yang cukup keras tak heran kayu asam masuk dalam jajaran kayu berkualitas tingkat 2 dari segi kekuatannya.

Mudah dibentuk


Walaupun kayu asam masuk dalam jenis kayu keras akan tetapi kayu asam mudah untuk kita bentuk dan olah menjadi beberapa hal keperluan rumah tangga baik perabotan maupun furniture.

Kekurangan kayu asam


Diatas kita telah membahas mengenai kelebihan kayu asam maka akan lebih baik kita juga bahas kekurangannya Yang mana sebagai berikut .

Mudah terkena jamur dan rayap


Kayu Asam tidak seperti kayu jati atau kayu-kayu yang menghasilkan minyak resin alami darinya sehingga kayu asam mudah terkena jamur maupun termakan rayap oleh sebab itu kita masih harus mengolahnya terlebih dahulu jika di gunakan untuk keperluan outdoor.

Harga lebih mahal untuk kayu kualitas 2


Kayu asam termasuk kayu yang lumayan mahal sebab kayu asam tidak hanya di buru oleh pengrajin furniture saja akan tetapi lebih banyak diburu pengrajin olahan kayu untuk kesenian seperti gagang senjata dan sebagainya hal ini menyebabkan harga kayu asam jadi lebih malah untuk kita jadikan furniture.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai kayu asam untuk di jadikan sebagai furniture semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.