Pengumuman Pendaftaran CPNS Terbaru Tahun 2021 - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengumuman Pendaftaran CPNS Terbaru Tahun 2021

Navigasi Info - pendaftaran CPNS 2021 sempat di tunda bulan kemarin yang mana cukup banyak yang kecewa dibuatnya akhirnya pemerintah mengumumkan jadwal pendaftaran CPNS 2021 kembali diumumkan kembali.

Pengumuman Pendaftaran CPNS Terbaru Tahun 2021
Pengumuman Pendaftaran CPNS Terbaru Tahun 2021


Yang mana hal itu disampaikan langsung oleh pihak BKN ( Badan Kepegawaian Negara ) mereka memastikan bahwa Sanya untuk pendaftaran CPNS dan PPPK Pada tahun ini yaitu 2021  akan di buka kembali pada sekitar akhir Juni ini hal ini disampaikan langsung oleh Bima Harian Wibisana selaku perwakilan Pihak BKN.

Bima juga mengatakan pembukaan rekrutmen serta pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 bakal digelar bersamaan "Rencananya berbarengan akhir Juni," ucap Bima pada hari Rabu ( 16/6/2021 ) yang lalu.

Walaupun belum ada tanggal yang pasti tapi Bima memastikan bahwa pendaftaran CPNS dan PPPK tahun 2021 akan di adakan sebelum tanggal 30 Juni 2021 hal ini di pertegas Bima dengan mengatakan " mudah-mudahan sebelum tanggal 30 Juni sudah dapat dilaksanakan " ujarnya kepada pihak awak media.

Adapun pendaftaran tahun ini masih seperti tahun yang lalu dimana kalian dapat langsung mendaftar pada link sscasn.bkn.go.id  sebagai informasi saja  hingga Senin (14/6/2021), jumlah formasi yang telah ditetapkan sebanyak 707.622.

Dan juga ada peraturan baru mengenai pendaftar CPNS yang mana dapat kalian baca langsung pada postingan artikel berita kita dibawah ini.


salah satu nya Pemerintah kemudian memberlakukan aturan bahwa pelamar cukup memilih satu formasi, satu jabatan, dan satu jenis formasi saja.
yang mana hal ini di sampaikan langsung oleh Plt Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur KemenPANRB, Katmoko Ari Sambodo mengatakan, dapat dipastikan bahwa jumlah pelamar akan sangat besar oleh sebab itu pemerintah perlu mengaturnya .
Yang mana hal ini dipertegas oleh Ari dengan mengatakan "Kita berlakukan bahwa calon pelamar hanya dapat mendaftar pada satu instansi, satu jeni kebutuhan/formasi dan satu jabatan pada tahun anggaran yang sama," ujar Ari,pada Senin (14/6/2021).

Ari mengatakan, jika nanti ditemukan ada pelamar yang melamar di lebih dari satu instansi dan/atau jenis jabatan dan/atau jalur kebutuhan PNS atau PPK atau menggunakan dua Nomor Induk Kependudukan yang berbeda, maka pelamar itu otomatis dinyatakan gugur atau dapat dikenakan sanksi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Ari meminta para calon peserta mempertimbangkan baik-baik formasi yang akan dipilih saat mendaftar. Pasalnya jika sudah memilih satu formasi, para pelamar tidak dapat menggantinya. "Jadi para peserta harus mempertimbangkan secara sejak dari awal apa yang dia ingin melamar profesi jabatan yang di mana, kemudian juga lokasinya seperti apa, karena pada prinsipnya tidak boleh lagi menggantinya ketika sudah menetapkan pada pelamaran pada suatu tempat," ujarnya.

Dokumen yang dibutuh kan pendaftaran CPNS 2021


Dokumen yang dibutukan untuk mendaftar CPNS pada situs sscasn.bkn.go.id adalah sabagai berikut :



ukuran serta berkas persyaratan CPNS 2021

  1. Scan Pas Foto berlatar belakang merah maksimal 200 Kb bertipe file jpeg/jpg.
  2. Scan Swafoto maksimal 200 Kb bertipe file jpeg/jpg.
  3. Scan KTP maksimal 200 Kb bertipe file jpeg/jpg.
  4. Scan Surat Lamaran maksimal 300 Kb bertipe file pdf.
  5. Scan Ijazah + Serdik/STR maksimal 800 Kb bertipe file pdf.
  6. Scan Transkrip Nilai maksimal 500 Kb bertipe file pdf.
  7. Scan Dokumen Pendukung lainnya maksimal 800 Kb bertipe file pdf.


Cara unggah dokumen


Pastikan ukuran file dan jenis file yang akan di unggah tidak melebihi dari batasan masing masing dokumen yang dipersyaratkan di SSCASN.

Apabila melebihi dari batasan ukuran yang ditetapkan, maka secara otomatis file atau dokumen yang Anda unggah akan ditolak oleh sistem.

Jika gagal saat mengunggah, ilahkan refresh halaman dan pastikan ukuran file dan jenis file yang akan di unggah tidak melebihi dari batasan masing-masing dokumen yang dipersyaratkan dalam aplikasi SSCASN.

Agar proses unggah dokumen berjalan lancar, bersihkan riwayat pelacakan, cache, cookies, gunakan koneksi internet yang stabil, space bandwith yang cukup sehingga dalam pengiriman file atau berkas tidak mengalami kendala.

Jalur pendaftaran CPNS 2021


Daftar Akun

  1. Pelamar mengakses Portal SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id;
  2. Buat akun SSCASN;
  3. Login ke akun SSCASN yang telah dibuat;
  4. Lengkapi biodata dan unggah swafoto.



Daftar Formasi
  1. Pilih jenis seleksi;
  2. Pilih formasi;
  3. Unggah dokumen;
  4. Cek resume dan akhiri pendaftaran;
  5. Cetak Kartu Informasi Akun dan kartu Pendaftaran Akun.


Seleksi Administrasi
  1. Panitia memverifikasi data pelamar;
  2. Panitia mengumumkan hasil Seleksi Administrasi;
  3. Pelamar yang dinyatakan tidak lulus dapat menyanggah hasil Seleksi Administrasi;
  4. Panitia mengumumkan hasil sanggah;
  5. Pelamar yang dinyatakan lulus melakukan cetak Kartu Ujian.



Seleksi Kompetensi Dasar
  1. Pelamar melaksanakan Ujian Seleksi Kompetensi Dasar;
  2. Panitia mengumumkan hasil Seleksi Kompetensi Dasar;
  3. Pelamar yang dinyatakan tidak lulus dapat menyanggah hasil Seleksi;
  4. Kompetensi Dasar;
  5. Panitia mengumumkan hasil sanggah;
  6. Pelamar yang dinyatakan lulus dapat melanjutkan proses ke tahap Ujian Seleksi


Seleksi Kompetensi Bidang
  1. Pelamar melaksanakan Ujian Seleksi Kompetensi Bidang.
  2. Panitia mengumumkan hasil Seleksi Kompetensi Bidang.
  3. Pelamar yang dinyatakan tidak lulus dapat menyanggah hasil Seleksi.
  4. Kompetensi Bidang.



Pengumuman Kelulusan
  1. Panitia mengumumkan hasil sanggah Seleksi Kompetensi Bidang (pengumuman ini bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat);
  2. Pelamar yang dinyatakan lulus melakukan pemberkasan.

Itulah mengenai beberapa hal tentang Pengumuman Pendaftaran CPNS Terbaru Tahun 2021 semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.