Tips pengelola karyawan - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips pengelola karyawan

Navigasi Info - dalam suatu kemajuan perusahaan sudah pasti di dukung oleh tim kerja yang solid hal tersebut sudah pasti diperlukan kerja sama antara karyawan terjalin dengan baik dan terkoordinasi.

Tips pengelola karyawan
Tips pengelola karyawan


Oleh sebab itu diperlukan kepemimpinan yang mempunyai jiwa leadership yang baik juga terutama dalam sistem pengelola karyawan sebab pada intinya suatu perusahaan dapat berkembang pesat di karenakan adanya kerja sama team yang baik antara karyawan dan pemimpin perusahaan tersebut seperti yang telah singgung diatas.


5 langkah cara mengelola karyawan


Kali ini kita akan membagikan beberapa hal mengenai pengelolaan sistem karyawan yang mana telah kita rangkum dari berbagai sumber yang hasilnya sebagai berikut :


1. Terampil ( Skill )


Dalam merekrut karyawan , dipilih yang sesuai dengan pekerjaan yang akan jadi tugas nya . asal menerima karyawan yang akan merepotkan , salah satunya harus mengajari bagai mana dia mengerjakan tugasnya . belum lagi karyawan yang akan berkerja kurang maksimal karena tidak sesuai dengan ketrampilannya.


2.    Tanggung jawab


Memberikan kepercayaan kepada karyawan dengan member tanggung jawab yang memungkinkan  mereka untuk berkembang . support karyawan agar mempunyai keterampilan –keterampilan baru , dengan cara member i pelatihan  .


3.    Membagi keuntungan


Upah karyawan harus ada hubungan dengan kemajuan usaha. Salah satu tujuannya adalah agar kepentingan karyawan selaras dengan kebutuhan perusahaan yakni menguntungkan alias profit .membagi keuntungan perusahaan misalnya dalam bentuk insentif yang berjalan seiring dengan pertumbuhan perusahaan .


4.    Memberi  penghargaan


Penghargaan dapat memacu , motivasi atau menjaga kinerja karyawan . sebaiknya penghargaan tidak di berikan hanya satu orang , tapi beberapa karyawan , agar memotivasi karyawan yang lainnya . pencapain target misalnya , dapat memberikan penghargaan berupa bonus misalnya, penghargaan karyawan juga bisa dalam bentuk lain , karyawan teladan, dan lain-lain.

5.    Perlindungan karyawan


Memberikan tunjangan keselamatan kerja apalagi ditambah dengan tunjangan kesehatan , akan meningkatkan kinerja karyawan secara signifikan . karyawan tak lagi merasa khawatir atas biaya berobat yang harus dia bayarkan saat mengalami kecelakaan kerja atau sakit. Sehingga membuat dia konsentrasi dalam berkerja.


6.    Silaturahmi


Menjaga hubungan baik dengan karyawan termasuk dengan keluarganya , misalnya member waktu yang cukup untuk cuti lahiran , cuti sakit atau bahkan liburan . ritmen kerja yang baik sangat berguna dalam kelangsungan hubungan dengan karyawan . dapat meningkatkan kesetiaan dan meningkatkan rasa memiliki yang baik


Salah satu survey melaporkan sebanyak 40% karyawan mencari pekerjaan baru dalam 6 bulan ke depan , dan 65% sudah mencari pekerjaan baru secara pasif . tentu laporan tersebut perlu menjadi masukan penting , khususnya bagi para pengusaha . untuk menjadi antisipasi;


Alasan utama membuat karyawan tidak betah:


Sedangkan untuk beberapa alasan yang membuat karyawan tidak nyaman berkerja dan memutuskan untuk pindah tempat kerja antara lainnya sebagai berikut :

  1. ·         Gaji kurang mencukupi kebutuhan hidup
  2. ·         Pekerjaan tidak sesuai dengan keahlian
  3. ·         Suasana kerja yang tidak nyaman dengan teman atau pimpinan
  4. ·         Lowongan kerja lain yang lebih tinggi gajinya
Itulah beberapa hal mengenai pengelolaan karyawan semoga dapat bermanfaat dan terima kasih terlah berkunjung.