Cara Mudah Investasi Saham bahkan Tanpa Biaya - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Investasi Saham bahkan Tanpa Biaya

Navigasi Info - Saham adalah sebuah tanda kepemilikan modal suatu perusahaan yang berupa lembaran surat berharga ( saham ) yang hanya bisa kita dapat beli di pasar modal minimal 1 lot saham ( 1 lot = 100 lembar ) yang mana para pemilik saham akan mendapatkan keuntungan dari dividen saham yang kita pegang maupun return dari trading kepemilikan saham yang kita pegang sedangkan untuk untuk melakukan trading kita harus memiliki akun di perusahaan sekuritas ( broker / calok ) terlebih dahulu agar dapat menjembati pihak perusahaan dan para investor .

Cara Mudah Investasi Saham bahkan Tanpa Biaya
Cara Mudah Investasi Saham bahkan Tanpa Biaya


mungkin sebagian kalian masih bingung dengan istilah seperti dividen , return , dan sekuritas oleh sebab itu kali ini kita akan menjabarkan satu persatu kepada kalian agar paham dan mudah di mengerti sebelum terjun kedalam dunia pasar modal.

Dividen


dividen adalah bagi hasil dari keuntungan sebuah perusahaan kepada para pemegang saham ( investor ) dimana keuntungan tersebut di bagikan sesuai dengan jumlah lembar saham yang di miliki para investor 

contoh :

perusahaan ABC akan membagikan keuntungan ( dividen ) kepada para pemenggang saham dengan persentase 50% dari total keuntungan dimana perusahaan tersebut memiliki total keuntungan 10 milyar rupiah dan akan dibagikan 5 milyar rupiah kepada investor dimana perlembar sahamnya di hitung Rp 100 dengan cum dividen ( waktu hitung kepemilikan saham ) tanggal 2 mei dan cum ex dividen ( akhir perhitungan kepemilikan saham ) nya tanggal 5 mei  jika budi memiliki saham 10 lot saham ABC pada tanggal 1 mei dan menjualnya pada tanggal 6 mei maka budi akan mendapatkan dividen dari perusahaan ABC sebesar Rp 100.000 dimana perhitungan nya sebagai berikut :

( 10 lot = 1.000 lembar saham  ) X ( Rp 100/perlembar saham ) = Rp 100.000 

akan tetapi jika budi meimiliki saham perusahaan ABC pada tanggal 3 dan menjualnya pada tanggal 4 maka budi tidak mendapatkan dividen dai perusahaan ABCtersebut.

note : walau demikian tidak semua perusahaan mampu membagikan dividen setiap tahunnya kepada investor terutama untuk perusahaan - perusahaan di indonesia yang mana keuangan perusahaannya banyak yang tidak mumpuni untuk membayar para investor berbeda dengan saham-saham besar kawasan amerika yang mampu membayar dividen kepada para investor sampai 4 kali pertahun.

saham yang mampu membayar dividen rutin setiap tahun disebut saham perusahaan bluechip 

Return

Return adalah keuntungan dari kenaikan harga sebuah saham yang kita jual bisa dibilang cuan atau profit dari akvitas perdagangan ( trading ) saham yang kita pegang tersebut sebagai contoh :

Budi membeli saham perusahaan ABC pada harga Rp 100 perlembar saham dan kemudian pada bulan berikutnya budi menjual saham perusahaan ABC pada harga Rp 150  perlembar sahamnya maka budi mendapatkan return Rp 50 dari setiap lembar saham yang telah budi jual di pasar modal ( marketplace ).

Perusahaan sekuritas 

perusahaan sekuritas adalah sebuah perusahaan yang menjembati para invetor kepada pihak perusahaan untuk bertransaksi jual dan beli atau sering di sebut broker atau bahasa sederhananya calok selain itu pihak perusahaan sekuritas juga akan menyimpan kepemilikan saham yang kita miliki berserta dana transaksi di pasar modal oleh jasanya tersebut kita pun wajib membayar mereka dari tugas dan tanggung jawab tersebut.


mungkin kalian ada pertanyaan bagaimana jika kita membeli saham tanpa melalui pihak sekuritas jawabnya sudah pasti tidak bisa walaupun kalian memiliki dana yang begitu besar sekalipun sebab itu sudah menjadi ketetapan yang berlaku di pasar modal manapun.

Cara Buat Akun Sekuritas 

sebenarnya untuk berinvestasi saham tidaklah serumit yang selama ini kita bayangkan kurang lebih hampir sama seperti berinvestasi Cryptocoin cuma permasalahannya sosialisasi nya yang tidak bagus seperti Bitcoin sehingga pelaku trading saham sangat sedikit yaitu dari seluruh rakyat indonesia hanya 1% saja yang menjadi trader saham.

oleh sebab itu kali ini kita akan menjabarkan langkah-langkahnya sebagai mana hal ini yang di minta salah satu pembaca kita yang masih kebingungan untuk berinvestasi saham oleh sebab itu langsung saja ikuti tutorial kita sebagai berikut :

Sarat Membuat Akun Sekuritas

hal awal yang harus dipersiapkan ialah dokumen atau berkas tanda pengenal lainya seperti pembuatan akun trading laimya untuk lebih jelasnya dokumen seperti dibawah ini :

  • KTP / SIM / PASSPOR
  • NPWP
  • Rek bank
  • Dan uang deposit awal

untuk uang deposito awal setiap perusahaan sekuritas berbeda ada yang Rp 10.000.000 , Rp 3.000.000 , Rp 100.000 bahkan gratis untuk dana awal penyetoran pada pihak sekuritas dan dapat langsung kalian lakukan transaksi dana tersebut.

kalian dapat mendaftarkan diri kalian pada perusahaan sekuritas langsung di tempat ataupun secara online walaupun beberapa perusahaan sekuritas meminta dana setoran awal sangat besar tapi jika kalian mengikuti sekolah saham yang di selenggarakan oleh sekuritas tersebut biasanya kalian akan mendapatkan potongan harga sampai Rp 100.000 untuk dana awal setor akan tetapi hal tersebut kalian harus rutin mencari informasi oleh sebab itu saya akan merekomendasikan sebuah perusahaan sekuritas yang telah terdaftar di OJK dan IDX yang pendaftaranya tidak ribet bahkan memberi bonus saham gratis.

Aplikasi Ajaib berinvetsasi saham tanpa ribet dan murah 

dengan aplikasi ajaib sekuritas kita dapat berinvetasi saham dengan mudah dan tanpa dana setor awal yang besar cukup Rp 100.000 bahkan gratis kalian sudah dapat memiliki akun sekuritas aktif dan kita pun diberikan saham gratis jika kita mencari referal ataupun mengerjakan misi/tugas di aplikasi sangat anak muda sekali jika kalian tertarik dengan aplikasi ajaib kalian dapat langsung download pada link dibawah ini :

Download

ataupun kalian dapat langsung mendaftarkan diri kalian langsung klik link disini

cara cerdas untuk berinvestasi di saham dan reksa dana, dalam satu aplikasi.
100% pendaftaran online untuk berinvestasi baik saham maupun reksa dana, hanya membutuhkan waktu 5 menit. Tanpa agen pertemuan atau proses verifikasi yang lama.

untuk lebih jelas cara daftarnya kalian dapat tonton langsung video dibawah ini :



Saham: berdagang lebih baik, berdagang lebih cerdas


• Ajaib Alert akan mengirimkan update real-time pada pergerakan saham. Jadilah yang pertama tahu kapan waktu terbaik untuk membeli atau memotong kerugian saham pilihan Anda.
• Peringkat Kompetitif memungkinkan Anda untuk mengetahui kekuatan fundamental perusahaan dibandingkan dengan para pesaingnya di industri yang sama.
• Sorotan Berita untuk secara aktif mencari dan meringkas saham yang menarik perhatian media, serta mengirimkan pemberitahuan kepada Anda tentang aksi korporasi yang relevan.
• Dapatkan biaya broker hingga 50% lebih murah, pengurangan 0,10%-0,08% berdasarkan volume, tidak termasuk biaya PPN, Pph dan retribusi.

Reksa dana: meminimalkan risiko dengan diversifikasi


• Pilih dari 150+ dana dari 25 pengelola dana terbaik di Indonesia. Dipilih dengan cermat berdasarkan imbal hasil historis dan kinerja pengelola dana.
• Biaya langganan dan penukaran Rp0.


itulah beberapa hal untuk berinvestasi saham semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung