Review analisa Saham EKAD - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review analisa Saham EKAD

Navigasi Info - saham ekad saat ini mulai di lirik para investor maupun para  trader saham dimana saham ekad sendiri merupakan kode saham dari perusahaan PT. Ekadharma Internasional Tbk. Yang mana merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang produksi pita perekat atau lebih kita kenal lakban.

Saham Ekad 


Sebagaimana kita ketahui bahwa Sanya bisnis online saat ini sedang booming terutama dibidang jualan online sudah pasti penggunaan lakban atau pita perekat sangat di butuhkan dalam pengiriman barang terutama untuk pembungkus paket secara bisnis saham EKAD mempunyai prospek yang cerah dimasa depan sebab tiap tahunnya jumlah pelaku bisnis online terus bertambah hal ini akan berjalan bersamaan dengan berkembangnya perusahaan e-commerce atau marketplace seperti bukalapak , tokopedia , lazada , shopee dan lainnya.

Analisa Saham EKAD

dari segi usaha memang lah cukup bagus untuk saham ekad ini akan tetapi kita juga perlu analisa secara teknik maupun fundamentalnya apakah bagus dan baik untuk kita holder maupun kita trading oleh sebab itu kita akan sedikit menganalisa saham ekad ini yang mana sebagai berikut ini.

Prospek Saham EKAD

Perusahaan PT. Ekadharma Internasional Tbk merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pita perekat dengan kode saham EKAD yang mana di dirikan pada tahun 1981 dan mulai masuk menjadi perusahaan publik ( IPO ) pada tahun 1990 dengan jumlah kepemilikan saham PT Ekadharma internasional Tbk sebanyak 79,99% dan kepemilikan saham masyarakat sebanyak 20% sehingga sangat seimbang sekali jumlah kepemilikan saham ekad lebih besar dimiliki oleh perusahaan.

Kepemilikan saham EKAD



Secara industri PT. Ekadharma internasional Tbk masuk dalam jenis usaha di bidang kimia atau chemicals dengan jumlah kantor cabang sebanyak 22 kantor dengan jumlah pusat distribusi sebanyak 18  sehingga walaupun banyak perusahaan yang bergerak dibidang kimia PT. Ekadharma internasional Tbk sudah sangat mumpuni dari perjalanan panjangnya maupun kekuatan asset mereka ditambah lagi produk mereka mempunyai prospek yang cerah kedepannya di sebabkan industri teknologi terutama e-commerce sekarang ini sedang sangat berkembang pesat.

Analisa Teknikal Saham EKAD


Untuk harga saham saat ini masih harga wajar yang mana book value yang mana sebesar Rp 1401 per lembar sahamnya sedangkan secara grafik candle harga saham pada tanggal 25-08-2021 Di kisaran harga Rp 1390 perlembar dan pada tanggal 26-08-2021 dikisaran harga Rp 1405 perlembar sahamnya dapat kita lihat grafik harga saham EKAD dibawah ini.

Grafik candel saham EKAD



Dari grafik diatas dapat kita lihat penurun harga pada tanggal 25-08-2021 yang mencapai di angka 1390 dapat di pastikan saham ekad akan mengalami kenaikan harga dalam waktu dekat sebab sudah mendekati atau bahkan melewati harga book value-nya yaitu 1401 Saham EKAD itu sendiri sehingga masih sangat menarik untuk kita trading dalam waktu dekat yaitu kisaran 1 Mingguan.

Dapat dipertimbangkan untuk kita trading maupun kita holder saham ekad untuk waktu dekat dan jangka panjang.

Analisa Fundamental saham EKAD

Fundamental saham ekad


Secara book value per share ( BPVS ) yang mana di harga 1401 dan harga saat ini di kisaran harga 1405 yang mana dapat kita simpulkan masih dalam harga wajar dapat kita pertimbangkan untuk kita beli saham ekad ini.

Dividen ekad 


Secara dividen saham ekad selalu membagi dividen setiap tahunnya ditambah lagi selalu ada peningkatan dividen pertahunnya dapat dipastikan dapat kita pertimbangkan untuk kita pegang dalam waktu yang lama sebab selalu mendapatkan dividen untuk kita para investor di saham ekad ini dapat kita lihat gambar di atas DPS saham ekad tiap tahun meningkat cukup banyak yang mana pada tahun 2018 mereka membagikan dividen Rp 30 per lembar sahamnya dan pada tahun 2021 membagikan dividen Rp 45 per lembar saham ditambah lagi DPR yang dipakai untuk membagi dividen dibawah 50% yaitu kisaran 30% saja sehingga keuntungan 70% nya masih dapat untuk di gunakan perusahaan dalam mengembangkan usaha mereka.

laporan tahunan EKAD dari 2011 – 2019. Berikut performa bisnis mereka selama 9 tahun ke belakang: Revenue growth (pertumbuhan pendapatan) rata-rata: 13.27% per tahun! Net profit growth (pertumbuhan laba/profit) rata-rata: 16% per tahun! Net profit margin (marjin laba dibanding pendapatan) rata-rata: 10% per tahun! Free cash flow (FCF, sisa uang tunai dari aktifitas operasi dikurangi belanja aset) kumulatif positif dengan rata-rata IDR 29.5M per tahun. Owner’s earnings ratio (rasio belanja aset dibagi uang tunai dari aktifitas operasi) rata-rata EKAD cukup tinggi, meski tetap bagus, di 0.8 (80% uang tunai aktifitas operasi mereka untuk belanja aset). Setelah saya lihat lagi, sebenarnya angka rata-ratanya tinggi karena di tahun 2013 dan 2014 EKAD membuka total 5 pusat distribusi dan 2 kantor cabang. Ekspansi terbesar mereka sampai saat ini. Kalau owner’s earnings ratio kedua tahun itu tidak dihitung, rata-ratanya hanya di 0.45 (45% uang tunai aktifitas operasi untuk belanja aset). Cukup efisien. Efficiency ratio (rasio seberapa efisien biaya setiap pendapatan perusahaan) rata-rata: stabil di kisaran 0.7 per tahun. Return on equity (imbal hasil dari modal) rata-rata: 14.5% per tahun. Debt equity ratio (ratio hutang dibanding modal) rata-rata: 0.3 per tahun! Sangat sehat. Price earnings ratio (PER, rasio harga saham dibanding laba) rata-rata: 7x. Tetapi saat saya melakukan Research ini di bulan Mei 2020, PER EKAD ada di 9.9x. Sedikit lebih mahal dari PER historis, tetapi PER industrinya di 12x, jadi 17.5% lebih murah. Price to book value (PBV, rasio harga saham dibanding nilai modal) rata-rata: 1.02x. Sama dengan PER, waktu itu PBV EKAD ada di 0.9x. Sedikit lebih murah dari PBV rata-rata historisnya. PBV industri juga saat itu di kisaran 0.9x.

Secara fundamental maupun teknikal saham EKAD masih sangat bagus untuk kita lakukan investasi maupun trading walaupun demikian secara khusus ini hanya untuk analisa pribadi saja kita tidak untuk menyarakan Anda untuk membeli maupun menjual sebab segala keputusan di tangan kalian sehingga segala resiko kalian yang akan mengalaminya.