Desa Penglipuran masuk ke dalam destinasi populer dan wajib dikunjungi para traveler - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Desa Penglipuran masuk ke dalam destinasi populer dan wajib dikunjungi para traveler

Navigasi Info - Salah satu lokasi yang wajib masuk ke dalam bucket list kamu saat ke Bali adalah Desa Penglipuran yang terletak di Kabupaten Bangli, Bali.

Desa Penglipuran masuk ke dalam destinasi populer dan wajib dikunjungi


Namanya tentu sudah tak asing bukan, sebab Desa Penglipuran adalah desa adat yang menjadi primadona pariwisata di Bali. Bukan tanpa alasan, Desa Penglipuran masuk ke dalam destinasi populer dan wajib dikunjungi karena beberapa keunikan yang dimilikinya.

Berkat kebersihan dan kerapiannya, desa wisata yang terletak di Bangli ini juga berhasil menyabet beberapa penghargaan diantaranya Kalpataru, ISTA (Indonesia Sustainable Tourism Award) pada tahun 2017, dan yang terbaru, destinasi ini masuk dalam Sustainable Destinations Top 100 versi Green Destinations Foundation.

Keunikan Desa Penglipuran Bali


Jika kalian penasaran dengan adat budaya Bali yang unik secara lebih inten akan lebih baik jika kalian mengunjungi desa Penglipuran yang mana Adat istiadatnya masih terjaga serta tata bangunan nya yang seragam dan rapih membuat indah dipandang.

Sebagai desa adat yang masih menjunjung tinggi nilai-nilai luhur nenek moyang, tata ruang Desa Penglipuran pun mengusung patokan adat yang sudah turun temurun. Ya, desa ini dibangun dengan Konsep Tri Mandala, di mana tata ruang desa dibagi menjadi tiga wilayah yakni Utama Mandala, Madya Mandala, dan Nista Mandala.

Pembagian wilayah tersebut diurutkan dari wilayah paling utara hingga paling selatan. Di wilayah utara, ada Utama Mandala. Wilayah ini merupakan tempat suci atau tempat para dewa. Di sini pula lah tempat beribadah didirikan. Di bagian tengah, ada zona yang disebut sebagai Madya Mandala. Zona tengah merupakan pemukiman penduduk, di mana rumah-rumah penduduk dibangun berbanjar di sepanjang jalan utama. Sedangkan, wilayah paling selatan disebut dengan Nista Mandala. Tempat ini adalah zona khusus untuk pemakaman penduduk.

Harga tiket Desa Penglipuran


Jika kalian penasaran ingin berkunjung dan masuk di area Desa Penglipuran harga tiketnya terbilang murah dan tidak membebankan kantung kalian yang mana sebagai berikut :


Usia  Harga Tiket
Dewasa turis lokal    Rp. 20.000
Anak kecil turis lokal   Rp. 15.000
Dewasa turis  Asing    Rp. 30.000
Anak kecil turis Asing   Rp. 25.000

Murah bukan dapat kalian pertimbangkan jikalau berkunjung di pulau Dewata Bali untuk memasukan Desa Penglipuran di List wisata kalian.

Itulah beberapa hal mengenai desa penglipuran semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog kita.