Beberapa hal yang harus diperhatikan trader pemula saat membeli saham - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa hal yang harus diperhatikan trader pemula saat membeli saham

Navigasi Info - Investasi saham merupakan aktifitas beresiko dengan keuntungan yang tinggi sehingga memerlukan perhitungan dan analisa yang matang saat kita membelinya agar dapat cuan saat trading di pasar modal.

Beberapa hal yang harus diperhatikan trader pemula saat membeli saham
Beberapa hal yang harus diperhatikan trader pemula saat membeli saham


Terlebih lagi untuk para pemula ( Noob ) yang mana masih awam dalam melakukan pembelian saham terkadang asal membeli saham yang termasuk dalam jenis saham gorengan yang beresiko tinggi bukannya membeli saham blue chip  yang mana resikonya terbilang kecil.


Bagi kalian yang baru memulai untuk menjadi investor ataupun trader sebaiknya memperhatikan beberapa hal saat membeli sebuah saham yang mana sebagai berikut :

Tips membeli saham untuk pemula


Untuk kalian yang masih pemula dalam dunia trading dan investasi saham sebaiknya memperhitungkan beberapa hal dalam melakukan transaksinya sehingga tidak merugi kedepannya.

Oleh sebab itu kali ini kita akan membagikan beberapa trik dan tips dalam membeli saham yang mana kita telah merangkumnya dari berbagai sumber sebagai berikut :

Pengaturan Modal


Terkadang seorang trader pemula di dunia saham mereka terlalu bernafsu mendapatkan keuntungan yang besar sehingga terlalu berlebihan saat melakukan transaksi dan menggunakan uang untuk kepentingan utama ( pokok ).

Hal tersebut malah membuatnya loss ( rugi ) dalam trading bahkan terlilit hutang oleh sebab itu gunakanlah uang lebih yang memang tidak diperuntukan untuk kepentingan pokok agar menghindari hutang saat gagal investasi.

Pilihlah saham blue chip


Bagi seorang investor dan trader pemula sebaiknya kalian membeli saham-saham yang blue chip yang mana nilai kapitalis nya tinggi sehingga resiko loss kecil selain itu rutin membagikan deviden seperti saham SIDO , BBCA , dan lainnya.

Salah satu ciri saham blue chip ialah saham-saham yang masuk dalam LQ45 , IDXQ30 dan lain-lain yang mana memang saham-saham yang sangat direkomendasikan oleh index pasar modal.

Debt Equity Ratio ( DER ) / hutang perusahan nya kecil


Semua perusahaan sudah pasti memiliki hutang sangat jarang perusahaan yang tidak memiliki hutang yang mana dalam kode analisa nya DER ( debt Equity Ratio ) .

Oleh sebab itu dalam memilih sebuah saham sebaiknya perhatikan jumlah hutangnya  dengan kesanggupan bayarnya ( ROE ) semakin kecil persentase DER perusahan tersebut semakin sehat saham perusahaan tersebut.

Nilai ROE ( Return On Equity )


Pilihlah saham dengan nilai ROE nya yang tinggi setidaknya lebih besar dari DER saham tersebut sehingga gagal bayar hutang perusahaan tersebut sangat kecil.

Selain itu ROE yang tinggi menunjukan keuntungan perusahaan tersebut terbilang cukup tinggi dan sanggup menangani piutang perusahaan.

Cek nilai Book value per share ( BVPS ) dan harga market


BVPS ( Book Value Per Share ) / harga wajar perlebar saham sebuah perusahaan tersebut nilainya lebih besar tidak dari harga saham di market.

Jika harga saham di market lebih kecil dari BVPS maka harga saham tersebut termasuk murah jika harga saham di market lebih tinggi dari harga BVPS nya maka harga saham tersebut termasuk mahal setidaknya pilihlah saham yang harganya sama dengan BVPS nya atau yang tidak terlalu jauh nilainya.

Pilih perusahaan yang terus tumbuh


Pertumbuhan saham perusahaan ( Growth ) dapat kita lihat dari grafik pertahunnya kalian dapat check data mereka 5 tahun sampai 10 tahun kebelakang.

Apakah aset dan keuntungannya terus meningkat jika terus meningkat berarti saham tersebut manajemen baik dapat kita coba untuk menanamkan modal kita di sana.

Cek laporan keuangan saham perusahaan


Akan lebih baik lagi jika kalian mengecek laporan keuangan perusahaan tersebut sebelum membeli saham mereka adakah kejanggalan , pertumbuhan perusahaannya , untung rugi , kesanggupan bayar hutangnya dan lain-lain.

Walaupun hal ini memerlukan teknik dan pembelajaran lebih lanjut tapi akan lebih baik kalian pelajari terlebih dahulu agar tidak membeli kucing dalam karung.

Pada intinya pelajari terlebih dahulu saham perusahaan yang kalian akan beli baik dari berita , analisa fundamental , analisa teknikal dan lainnya agar kalian tidak menyesal di kemudian hari.

Itulah beberapa tips membeli saham untuk pemula semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog kami.