Rumah Limas - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rumah Limas

Navigasi Info - Rumah Limas merupakan salah satu rumah tradisional yang berada di Indonesia, khas Provinsi Sumatera Selatan.

Rumah Limas merupakan salah satu rumah tradisional yang berada di Indonesia, khas Provinsi Sumatera Selatan.
Rumah Limas merupakan salah satu rumah tradisional yang berada di Indonesia, khas Provinsi Sumatera Selatan.



Seperti namanya, Rumah Limas ini berbentuk limas. Bangunannya bertingkat-tingkat dengan filosofi budaya tersendiri untuk setiap tingkatnya. Tingkat-tingkat ini disebut masyarakat sebagai bengkilas. Tingkatan yang dimiliki rumah ini disertai dengan lima ruangan yang disebut dengan kekijing.

Hal ini menjadi simbol atas lima jenjang kehidupan bermasyarakat, yaitu usia, jenis, bakat, pangkat, dan martabat. Detail setiap tingkatnya pun berbeda-beda. Apabila anda bertamu ke salah satu Rumah Limas di wilayah Sriwijaya ini, anda akan diterima di teras atau lantai dua. Rumah Limas sangat luas dan seringkali digunakan sebagai tempat berlangsungnya hajatan atau acara adat.

Rumah Limas sendiri merupakan evolusi dari Rumah Baghi Basemah, yakni rumah panggung yang sudah ada sejak zaman Sriwijaya. Struktur rumah panggung itu jelas warisan leluhur Austronesia dari Taiwan dan Zhejiang, guna menghindari banjir dan binatang buas.

Atap rumah limas yang berbentuk joglo merupakan pengaruh budaya Jawa karena Raja Sriwijaya terdahulu, Balaputradewa adalah putra bungsu dari Raja Sailendra, Samaratungga. Namun, ia diusir ke Sriwijaya, kampung halaman ibunya, oleh kakak perempuannya, Pramodawardhani dan kakak iparnya, Rakai Pikatan.

Sementara, ukiran bermotif dengan warna emas dan merah manggis pada interior Rumah Limas merupakan pengaruh dari bangsa Tionghoa. Pasca runtuhnya Sriwijaya, Sumatera Selatan menjadi rumah bagi banyak pendatang dari Negeri Tirai Bambu. Bahkan, salah satu Adipati di Palembang adalah orang Tionghoa, yakni Tan Swan Liong alias Chen Xuan Long (陳玄龍) alias Arya Dillah.

Dengan kata lain, Rumah Limas merupakan harta karun budaya yang tak tergantikan bagi 'Wong Kito Galo' dan bukti bahwa budaya Palembang itu sangatlah kaya dan penuh dengan toleransi.

-Nanda Editor: Manda

Sumber: Yudi Pratama. Rumah Limas: Refkleksi Sejarah Akulturasi Masyarakat Sumatera Selatan. Jambura History & Culture Journal. Vol 1 no 1, 2019.

#AveNeohistorian #palembang #sumateraselatan #wongkitogalo