Perbedaan Penjualan dan marketing - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Penjualan dan marketing

Navigasi Info - pemasaran merupakan ujung tombak kesuksesan sebuah produk yang di keluarkan oleh perusahaan yang mana tujuan semua perusahaan ialah untuk menjual produk mereka sebanyak mungkin pada konsumennya sehingga mendapatkan banyak keuntungan.

Perbedaan Penjualan dan marketing
Perbedaan Penjualan dan marketing


jika perusahaan tidak dapat menjual produk mereka dengan baik akibat pemasaran yang buruk sudah dipastikan perusahaan tersebut akan mengalami kesulitan biaya bahkan tidak dapat beroperasi lagi bahkan bangkrut dari analogi ini kita dapat pastikan penting nya marketing ( pemasaran ) dalam penjualan produk.

Definisi Penjualan dan Pemasaran


Mari kita mengatur adegan: Anda sedang di sofa, bersantai dan menonton televisi. Ibumu juga ada di sana menonton—sebuah iklan muncul yang lucu dan kalian berdua tertawa. Ibumu kemudian berkata, “Itu pemasaran yang bagus.”

Sekarang banyak pertanyaan muncul: apakah iklan yang menghibur benar-benar “pemasaran”? Apakah ada lebih banyak hal yang masuk ke dalamnya daripada sekadar ide lucu? Ini sepertinya penjualan, apa perbedaan antara penjualan dan pemasaran? Apa definisi dari penjualan dan pemasaran? Apa itu pemasaran masuk? Apa itu riset pemasaran? Apakah ada saluran distribusi yang berbeda dalam pemasaran? Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan terjawab ketika kita membahas peran pemasaran dan menjelaskan bagaimana semuanya bekerja di dunia yang kompleks ini.

Mendefinisikan penjualan cukup mudah, seperti yang dinyatakan, “salah satu dari sejumlah kegiatan yang dirancang untuk mempromosikan pembelian pelanggan atas suatu produk atau layanan. Penjualan dapat dilakukan secara langsung atau melalui telepon, melalui e-mail atau media komunikasi lainnya. Prosesnya umumnya mencakup tahapan seperti menilai kebutuhan pelanggan, menyajikan fitur dan manfaat produk untuk memenuhi kebutuhan tersebut dan negosiasi harga, pengiriman, dan elemen lainnya. (per Asosiasi Pemasaran Amerika).

Namun, istilah "pemasaran" dapat menghasilkan banyak hasil yang berbeda, dan banyak orang mungkin tidak tahu apa arti sebenarnya dari istilah tersebut. Lalu apa yang dimaksud dengan pemasaran? Pemasaran didefinisikan sebagai “aktivitas, serangkaian institusi, dan proses untuk menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan penawaran yang memiliki nilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat pada umumnya.” (per Asosiasi Pemasaran Amerika).

Definisi ini tampaknya agak terlalu sederhana, bukan? Terutama dengan penumpukan yang saya berikan kepada Anda — yah itu benar, tetapi itu hanya mencakup istilah umum. Ada banyak aspek pemasaran yang berbeda, seperti pemasaran masuk, perbedaan antara penjualan dan pemasaran, cara melakukan riset pasar, dan fungsi pemasaran yang berbeda. Sekarang, mari bekerja untuk memberikan definisi pemasaran yang lebih luas dan membantu memahami bahwa ada lebih dari sekadar menciptakan "penawaran yang memiliki nilai bagi pelanggan."

Apa Tujuan Pemasaran?


Pemasaran memiliki banyak area berbeda—salah satunya adalah pemasaran masuk, tetapi kita akan membahasnya nanti. Kami kemudian akan menganalisis perbedaan antara penjualan dan pemasaran; kemudian jawab pertanyaan "apa itu pemasaran masuk", yang akan mencakup beberapa contoh pemasaran masuk. Terakhir, kita akan membahas pentingnya pemasaran dalam bisnis dan menyimpulkan apa yang telah kita pelajari. Pertama, kita akan membuat daftar fungsi pemasaran. Dalam dunia pemasaran terdapat tujuh fungsi pemasaran yaitu sebagai berikut: distribusi, pembiayaan, riset pasar, penetapan harga, manajemen produk dan jasa, promosi dan penjualan.

Strategi Distribusi dalam Pemasaran


Strategi distribusi dalam pemasaran memerlukan bagaimana perusahaan akan mengirimkan produk atau layanannya kepada pelanggan. Strategi ini dapat bervariasi tergantung pada layanan atau barang apa yang Anda tawarkan, karena ada saluran distribusi yang berbeda dalam pemasaran. Anda tidak akan memulai agen pemasaran digital di tengah ladang gandum di Kansas—Anda mungkin ingin berada di daerah perkotaan di mana terdapat banyak bisnis di sekitarnya. Strategi distribusi dalam pemasaran perlu dipertimbangkan ketika mengembangkan ide apa pun.

Peran Pemasaran dalam Bisnis


Jika Anda ingin memiliki kampanye pemasaran yang sukses, itu akan membutuhkan sejumlah uang. Anda tidak ingin membuang semua telur Anda dalam satu keranjang, tetapi Anda masih ingin membuat rencana keuangan yang cerdas yang mengalokasikan beberapa kemampuan untuk dibelanjakan, tetapi tidak terlalu banyak sehingga Anda tidak melihat keuntungan.

Pentingnya Riset Pasar


Riset pasar bisa dibilang yang paling penting dari tujuh fungsi. Apa itu riset pemasaran? Ini berkisar pada penelitian demografis target Anda sehingga Anda dapat membangun strategi pemasaran yang baik. Riset pasar yang efektif memerlukan penggunaan alat untuk mengetahui siapa yang harus Anda targetkan berdasarkan apa yang Anda jual. Jika Anda adalah perusahaan teknologi yang datang dengan platform media sosial baru, apakah Anda akan menargetkan orang berusia delapan tahun? Tidak menyangka. Jika Anda ingin melihat lebih dalam tentang bagaimana melakukan riset pasar, artikel ini adalah titik awal yang baik.

Pentingnya Riset Pasar


Setelah Anda mengetahui cara melakukan riset pasar, Anda akan menemukan bahwa riset pasar juga dapat membantu menentukan harga. Pastikan Anda tidak kehilangan keuntungan dengan menjual terlalu rendah. Namun, Anda tidak ingin menagih terlalu mahal dan kemudian tidak melihat pengembalian apa pun karena pelanggan menemukan alternatif yang lebih murah.

Mengukur Efektivitas Iklan


Untuk mencegah ketinggalan dengan pelanggan Anda, Anda harus terus-menerus melakukan perbaikan pada produk atau layanan yang Anda tawarkan. Dengan tetap mengikuti umpan balik pelanggan dan ulasan online, Anda dapat melihat apa yang berhasil dan apa yang tidak. Selain itu, menggunakan metrik kinerja pemasaran adalah cara cerdas untuk mengikuti manajemen layanan.

Apa itu Promosi dalam Pemasaran?


Promosi melibatkan konfirmasi bahwa iklan Anda dilihat di tempat yang tepat oleh orang yang tepat. Anda pasti ingin memastikan ada banyak iklan dari ujung merek Anda, serta mengikuti strategi periklanan mana yang sedang tren. Beriklan di Facebook tentu saja merupakan tempat yang tepat untuk memfokuskan upaya promosi Anda.

Apa Perbedaan Antara Penjualan dan Pemasaran?


Jual BUKAN pemasaran. Tetapi memberikan landasan penting untuk pemasaran. Proses penjualan dimulai setelah Anda menyelesaikan riset pasar dan menentukan apa yang diinginkan dan dibutuhkan prospek Anda.

Berbicara tentang penjualan, saatnya untuk membahas poin utama lainnya: perbedaan antara penjualan dan pemasaran.

Perbedaan Antara Penjualan dan Pemasaran


Beberapa orang berpikir tidak ada perbedaan antara penjualan dan pemasaran. Tetapi ketika harus membedakan keduanya, sebenarnya ada perbedaan besar antara penjualan dan pemasaran. Memahami kompleksitas yang memisahkan mereka tidak begitu sederhana, karena mereka lebih saling melengkapi daripada serupa. Jadi, Anda mungkin bertanya-tanya, “Apa perbedaan antara penjualan dan pemasaran?”

Mari kita mulai dengan sebuah contoh. Katakanlah Anda seorang penjual dari tahun 1995 dan Anda memiliki produk luar biasa yang ingin Anda jual. Ini adalah ponsel, tetapi juga dapat mengakses internet dan mengirim email. Bahkan memiliki hal-hal menakjubkan yang disebut aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk bermain game dan memeriksa cuaca, di antara kemungkinan menarik lainnya.

Inilah perbedaan utama antara penjualan dan pemasaran. Pemasar adalah orang yang menciptakan gagasan bahwa seorang tenaga penjualan akan menjual. Kemudian, pemasar melakukan penelitian untuk menemukan apa kebutuhan pelanggan untuk menentukan apa kebutuhan mereka.

Perbedaan lain antara penjualan dan pemasaran adalah bahwa pemasar tetap berada di depan perubahan dengan mengantisipasi ke mana arahnya, tetap terdepan dalam persaingan, dan menghasilkan ide-ide besar. Kemudian, ide-ide tersebut menjadi nyata dan dapat dijual sebagai produk atau jasa.

Apa itu Pemasaran masuk ( Inbound Marketing ) ?


Pemasaran masuk melakukan apa yang terdengar seperti itu: ia membawa orang masuk. Pemasaran inbound adalah metode pemasaran "sekolah baru"; alih-alih outsourcing (atau pemasaran keluar), masuk sangat bergantung pada pembuatan konten solid yang menarik orang ke perusahaan Anda.

Ada banyak cara untuk memastikan Anda mendapatkan hasil—dengan semua kemajuan Google, perusahaan dapat menarik lebih banyak perhatian dengan membuat konten yang relevan dengan kebutuhan orang dan dengan menggunakan kata kunci yang menghasilkan hasil.

Contoh Strategi Pemasaran masuk ( marketing inbound )


Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu pemasaran masuk, mari kita lihat beberapa contoh contoh strategi pemasaran inbound:

Pemasaran melalui Media Sosial


Salah satu contoh strategi pemasaran masuk yang lebih baru, media sosial adalah cara yang bagus untuk melibatkan calon pelanggan. Perusahaan yang memanfaatkannya kemungkinan besar akan berhasil karena 78 persen populasi AS memiliki semacam profil sosial—angka yang meningkat lebih dari tiga kali lipat sejak 2008. Dengan menggunakan strategi media sosial, Anda meningkatkan peluang Anda untuk memperoleh lead organik.

Jenis Pemasaran Konten


Perlu membuat konten yang menarik perhatian? Buat blog! Di inSegment, kami memiliki blog sendiri untuk mengomentari topik yang sedang tren dan mempromosikan pekerjaan yang kami lakukan. Perusahaan mana pun dapat mempromosikan diri sendiri, dan blog adalah salah satu cara terbaik untuk melakukannya. Pertimbangkan juga untuk menghasilkan berbagai jenis pemasaran konten, termasuk video, webinar, infografis, dan whitepaper.

menggunakan Email sebagai Layanan marketing


Email sebagai Layanan (EaaS) marketing adalah contoh bagus lainnya dari pemasaran masuk. Pemasar dapat menggunakan pemasaran email untuk menarik perhatian pada solusi yang dibutuhkan perusahaan atau konsumen, dan mendorong mereka untuk belajar lebih banyak dengan salinan yang menarik dan ajakan bertindak (CTA) yang kreatif. Faktanya, pemasaran email sering disebut sebagai taktik pemasaran terpenting bagi perusahaan:

Contoh strategi pemasaran inbound ini adalah dasar bagi perusahaan yang sukses di mana pun. Dan jika Anda memanfaatkan dan menerapkan contoh strategi pemasaran masuk ini, Anda dapat menjamin bahwa Anda akan melihat peningkatan dalam bisnis Anda, mulai dari peningkatan lalu lintas hingga hubungan pelanggan yang lebih baik.

Bagaimana Dengan Metrik Kinerja Pemasaran?


Jika Anda ingin melihat bagaimana kinerja kampanye Anda, berinvestasilah dalam metrik kinerja pemasaran, yang merupakan aspek utama dari pemasaran dan riset pasar yang dapat membantu bisnis Anda mencapai potensi penuhnya. Situs web seperti Skor Pemasaran memberi Anda metrik kinerja pemasaran terperinci yang dapat Anda analisis untuk melihat apa yang perlu Anda tingkatkan.

Pentingnya Pemasaran dalam Bisnis


Pada akhirnya, alasan utama pentingnya pemasaran dalam bisnis adalah bahwa perusahaan perlu memasarkan diri mereka sendiri untuk menarik pelanggan potensial. Jika Anda tidak menjangkau dan terus-menerus mempelajari apa yang diinginkan audiens target Anda, menjadi jauh lebih sulit untuk berhasil.

Sekali lagi, Anda tidak dapat mulai menjual jika Anda tidak memiliki produk atau layanan untuk dipromosikan. Inilah sebabnya mengapa pentingnya pemasaran dalam bisnis adalah kuncinya: terlepas dari jenis industri bisnis Anda, jika Anda tidak berhasil memasarkan diri sendiri, Anda akan tertinggal dalam persaingan.

Tetapi memanfaatkan taktik seperti media sosial dan pembuatan konten dapat sangat membantu. Dengan memproduksi konten berkualitas tinggi yang menerapkan praktik SEO terbaik, Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik daripada saat Anda memulai—inilah sebabnya pentingnya pemasaran dalam bisnis tidak dapat diabaikan.

Sekarang Anda Tahu Perbedaan Antara Penjualan dan Pemasaran!


Setelah membahas tentang peran pemasaran, fungsi pemasaran, perbedaan antara penjualan dan pemasaran, strategi distribusi dalam pemasaran, dan topik lainnya, Anda harus dilengkapi dengan pemahaman yang lebih baik tentang pemasaran dan pentingnya. Memiliki pemahaman yang kuat tentang tren industri akan menguntungkan perusahaan mana pun dengan meningkatkan laba dan membuat semua orang senang, mulai dari eksekutif dan karyawan hingga pelanggan.

Pada akhirnya, pentingnya pemasaran dalam bisnis tidak dapat dipungkiri. Semoga penjelasan dan definisi ini menunjukkan bagaimana pemasaran membantu bisnis mencapai kesuksesan dengan tetap menjadi yang terdepan.