14 cara mudah melunasi hutang - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 cara mudah melunasi hutang

Navigasi Info - Jika Anda kesulitan mengelola utang dan tidak memiliki rencana untuk melunasinya, mulailah dari sini. Cara mudah untuk mengurangi hutang Anda termasuk strategi keuangan yang direkomendasikan oleh para ahli serta tip sederhana untuk meningkatkan kebiasaan uang Anda.

14 cara mudah melunasi hutang
14 cara mudah melunasi hutang 


Sebelum Anda mulai membayar utang, buatlah daftar terlebih dahulu setiap utang Anda beserta jenisnya, sisa saldo dan tingkat bunganya. Identifikasi apakah hutang ini adalah hutang kartu kredit, hutang pinjaman pelajar, hutang hipotek atau yang lainnya.

Kemudian mulailah membuat rencana dengan 14 cara mudah melunasi hutang ini:

  1. Buat anggaran.
  2. Lunasi utang yang paling mahal dulu.
  3. Lunasi hutang terkecil terlebih dahulu.
  4. Bayar lebih dari saldo minimum.
  5. Manfaatkan transfer saldo.
  6. Hentikan pengeluaran kartu kredit Anda.
  7. Gunakan aplikasi pelunasan utang.
  8. Hapus informasi kartu kredit dari toko online.
  9. Jual hadiah yang tidak diinginkan dan barang-barang rumah tangga.
  10. Ubah kebiasaan Anda.
  11. Tingkatkan penghasilan Anda dengan usaha sampingan.
  12. Pertimbangkan konsolidasi utang.
  13. Dapatkan bantuan dari agen konseling kredit.
  14. Hindari kembali ke kebiasaan buruk ketika Anda mencapai tujuan Anda.

1. Buat Anggaran


Untuk melunasi hutang Anda, mulailah dengan melacak pendapatan dan pengeluaran Anda dengan anggaran bulanan.

Anggaran adalah cara mudah untuk mengatur pada awal pembayaran utang. Anda bisa sesederhana spreadsheet atau lebih kompleks, menggunakan aplikasi penganggaran seperti Mint untuk melacak setiap pengeluaran dan pembayaran utang dengan cermat.

2. Bayar Paling Banyak Utang Mahal Dulu


Mengatasi utang paling mahal terlebih dahulu menggunakan strategi yang disebut longsoran utang melibatkan pembayaran utang dengan suku bunga tertinggi terlebih dahulu. Selama strategi pembayaran ini, Anda harus terus membayar minimum untuk utang lain yang lebih murah, tetapi fokuskan uang ekstra yang Anda miliki untuk utang paling mahal.

Strategi ini dapat menghemat uang Anda dalam jangka panjang dengan menyingkirkan kredit macet, seperti hutang kartu kredit, lebih cepat.

“Kebanyakan orang Amerika membuat keputusan yang kurang optimal dalam hal mengelola utang,” kata Joseph Goetz, pendiri dan kepala petugas informasi Elwood & Goetz. “Ada jutaan rumah tangga Amerika mengirim uang ekstra ke hipotek mereka sementara pada saat yang sama mereka memiliki pinjaman mobil atau kartu kredit dengan tingkat bunga yang jauh lebih tinggi, dan itu menghabiskan biaya ribuan dolar dari waktu ke waktu.”

3. Lunasi Utang Terkecil Dulu


Strategi ini, yang dikenal sebagai bola salju utang, mengharuskan peminjam untuk mengatasi utang yang ukurannya paling kecil terlebih dahulu. Memulai dengan melunasi hutang kecil secara penuh lebih mudah daripada mencoba mengambil pinjaman pelajar atau hutang hipotek yang besar, dan membayar hutang kecil dapat memberi Anda motivasi yang Anda butuhkan untuk melanjutkan perjalanan pembayaran hutang Anda.

Menentukan utang mana yang harus ditangani terlebih dahulu dapat bergantung pada stabilitas keuangan individu dan faktor lainnya.

4. Bayar Lebih Dari Saldo Minimum


Untuk membuat dampak nyata pada hutang Anda, Anda mungkin harus membayar lebih dari saldo minimum pada laporan kartu kredit Anda setiap bulan. Mengelola utang dengan menggunakan kartu kredit, yang biasanya disertai dengan suku bunga tinggi, bisa sangat mahal.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk memasukkan uang ekstra ke kepala sekolah pada hipotek rumah, selama pembayaran ekstra itu tidak akan digunakan dengan lebih baik untuk hutang lain.

5. Manfaatkan Transfer Saldo


Transfer saldo memungkinkan Anda untuk memindahkan hutang Anda dari satu akun ke akun lainnya, mungkin memanfaatkan tarif pengantar yang rendah. Mengajukan permohonan kartu kredit baru dan melalui proses ini mungkin tidak dapat dilakukan untuk beberapa individu, tergantung pada kartu yang digunakan dan pilihan lain yang tersedia.

Strategi ini paling baik jika Anda tahu Anda akan dapat melunasi saldo dalam jangka waktu yang singkat.

6. Hentikan Pengeluaran Kartu Kredit Anda


Jika pengeluaran berlebihan menyebabkan Anda menambah hutang yang tidak perlu, coba keluarkan kartu kredit Anda dari dompet Anda sepenuhnya. Strategi ini sederhana, tetapi dapat menghilangkan godaan untuk mengeluarkan uang terlalu banyak dan memungkinkan Anda untuk fokus mengendalikan keuangan Anda.

7. Gunakan Aplikasi Pengganti Hutang


Aplikasi pembayaran hutang seperti Tally dan Undebt.it membantu pengguna melacak hutang mereka dan menyediakan alat visual yang mudah dipahami untuk melunasi hutang. Di samping aplikasi ini, manfaatkan laporan dan layanan kredit gratis yang memungkinkan Anda memantau skor kredit Anda dengan cermat. Biro kredit utama Equifax, Experian dan TransUnion harus membuat laporan ini tersedia untuk konsumen secara gratis setiap tahun.

8. Hapus Informasi Kartu Kredit dari Toko Online


Jika itu tidak cukup untuk mengeluarkan kartu kredit Anda dari dompet Anda, ambil tindakan pengendalian diri ini selangkah lebih maju dengan menghapus informasi kartu kredit yang disimpan secara online di situs-situs seperti Amazon. Belanja online bisa menjadi penghalang nyata untuk bebas dari hutang, jadi ambil langkah untuk menghentikan kebiasaan ini.

9. Jual Hadiah dan Barang Rumah Tangga yang Tidak Diinginkan


Dapatkan uang ekstra dengan menjual barang-barang yang tidak diinginkan dari rumah Anda. Ini lebih mudah dari sebelumnya dengan toko-toko seperti Poshmark dan RealReal yang mengkhususkan diri dalam pakaian konsinyasi dan situs-situs seperti Facebook dan Craigslist, di mana apa saja dapat dibeli dan dijual. Sisihkan semua uang dari penjualan Anda untuk membayar utang Anda.

10. Ubah Kebiasaan Anda


Pengeluaran yang berlebihan dan akumulasi hutang yang besar seringkali menjadi masalah perilaku, menurut Colin Moynahan, perencana keuangan dan pendiri Twenty Fifty Capital. Jujurlah pada diri sendiri tentang kebiasaan dan pengeluaran Anda sehari-hari, lalu lakukan perubahan gaya hidup yang diperlukan untuk mulai melunasi hutang Anda.

“Anda memiliki pengeluaran yang diperlukan – makanan, tempat tinggal, kesehatan – dan kemudian Anda memiliki hal-hal yang tidak perlu,” kata Moynahan. “Ketika Anda berbicara tentang menghindari utang, itu kembali ke prioritas. Apakah ini pengeluaran yang diperlukan atau pengeluaran tambahan? Jika Anda benar-benar membaca pernyataan Anda baris demi baris, saya pikir kebanyakan orang akan terkejut dengan betapa banyak hal yang bersifat diskresioner.”

11. Tingkatkan Penghasilan Anda Dengan Usaha Sampingan


Semakin besar sekop Anda, semakin cepat Anda bisa menggali. Tingkatkan aliran pendapatan Anda dengan mengambil pekerjaan kedua atau proyek lepas, lalu gunakan dana ekstra tersebut untuk melunasi hutang Anda dengan lebih cepat. Pekerjaan seperti penitipan hewan peliharaan, bimbingan belajar atau bekerja sebagai asisten virtual mudah dimulai dan dapat memberikan cukup uang untuk mengurangi hutang Anda.

12. Pertimbangkan Konsolidasi Utang


Konsolidasi hutang memungkinkan peminjam untuk membayar hutang mereka ke pinjaman tunggal dengan satu pembayaran bulanan. Konsolidasi juga dapat menyebabkan tingkat bunga yang lebih rendah, dan ini dapat menjadi kesempatan untuk merundingkan rencana pembayaran yang lebih baik untuk utang-utang tertentu.

13. Dapatkan Bantuan Dari Agen Konseling Kredit


Pelunasan hutang bisa sangat banyak. Hubungi Yayasan Nasional untuk Konseling Kredit untuk menerima bantuan gratis dalam pengelolaan utang.

“Ini adalah jaringan yang tidak mencari keuntungan, dan ini adalah tempat bagi orang-orang untuk mendapatkan bantuan,” kata Goetz. “Banyak orang akhirnya pergi ke entitas nirlaba, karena ada banyak penipuan yang terjadi pada orang-orang yang rentan dan memiliki utang dalam jumlah besar.”

14. Hindari Kembali ke Kebiasaan Buruk Saat Anda Mencapai Tujuan Anda


Setelah Anda mencapai tujuan Anda, Anda harus menjaga kebiasaan baik uang Anda untuk tetap bebas utang. Luangkan waktu untuk memahami bagaimana Anda sampai berutang untuk menghindari menemukan diri Anda di sana lagi.

“Satu-satunya cara untuk benar-benar melunasi utang dalam jangka panjang adalah dengan memperbaiki alasan yang mendasarinya – biasanya pengeluaran, atau utang akan segera kembali,” kata Moynahan.