Luna Foundation Guard (LFG) telah mengatakan akan meminjamkan Bitcoin senilai $ 1,5 miliar dan stablecoin UST - Navigasi info
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Luna Foundation Guard (LFG) telah mengatakan akan meminjamkan Bitcoin senilai $ 1,5 miliar dan stablecoin UST

Navigasi Info - Luna Foundation Guard (LFG) telah mengatakan akan meminjamkan Bitcoin senilai $ 1,5 miliar dan stablecoin UST untuk mempertahankan pasak yang terakhir. Pengumuman itu datang tak lama setelah harga UST turun di bawah $1.

Luna Foundation Guard (LFG) telah mengatakan akan meminjamkan Bitcoin senilai $ 1,5 miliar dan stablecoin UST
Luna Foundation Guard (LFG) telah mengatakan akan meminjamkan Bitcoin senilai $ 1,5 miliar dan stablecoin UST


Dalam sebuah utas di media sosial, LFG mengatakan bahwa mereka akan “secara proaktif mempertahankan stabilitas pasak $UST & ekonomi Terra yang lebih luas, terutama di bawah volatilitas dan ketidakpastian kondisi makro di pasar lama.”

Menurut organisasi tersebut, para pedagang akan “memperdagangkan modal di kedua sisi pasar untuk membantu mencapai keduanya” dari tujuannya. LFG dibentuk pada bulan Januari untuk mendukung ekosistem Terra dan “keberlanjutan dan stabilitas stablecoin algoritmik Terra.”

Organisasi tersebut telah mengumpulkan lebih dari $3 miliar dalam bentuk Bitcoin untuk mempertahankan pasak stablecoin UST.

Akhir pekan lalu, ketika stablecoin UST Terra menunjukkan tanda-tanda peringatan pertama ketidakstabilan, tergelincir dari patok dolarnya menjadi $0,985, Luna Foundation Guard (LFG), organisasi nirlaba yang bertanggung jawab untuk mengawasi kesehatan ekosistem Terra, memilih untuk menyebarkan $1,5 miliar dalam Bitcoin dan UST dari cadangan hingga repeg UST hingga dolar AS.

Langkah tersebut merupakan eksekusi dari strategi code-red yang telah direncanakan LFG selama berbulan-bulan: Sejak Januari, LFG telah menimbun lebih dari $3,5 miliar cadangan Bitcoin, Longsor, LUNA, dan UST, untuk disebarkan jika UST tergelincir di bawah $1. Per LFG, modal pinjaman itu akan digunakan untuk membeli UST dalam jumlah besar, menciptakan tekanan beli yang akan mendorong stablecoin kembali ke harga yang diinginkan.

Namun, beberapa jam setelah pinjaman, pada hari Senin, UST mulai anjlok dan terus anjlok. Pada hari Selasa, karena harga UST meluncur ke posisi terendah yang belum pernah terjadi sebelumnya, cadangan LFG semuanya kosong. Namun, tidak ada keselamatan yang datang untuk stablecoin: Pada akhir minggu, UST telah jatuh ke $0,13, menghancurkan LUNA token asli Terra dalam prosesnya dan menghapus nilai $40 miliar.

Kegagalan besar dari strategi backstop Terra menimbulkan pertanyaan: Apa yang sebenarnya terjadi dengan $3,5 miliar itu? Kemana perginya?

Menurut platform analitik blockchain Elliptic, pada hari Senin, beberapa jam setelah pengumuman LFG tentang pinjaman $ 1,5 miliar, alamat Bitcoin yang terkait dengan LFG mengirim Bitcoin senilai sekitar $ 750 juta ke alamat baru. Malam itu, Bitcoin senilai $930 juta lebih lanjut dikirim dari beberapa dompet terkait LFG ke alamat baru yang sama. Total ini, 52,189 Bitcoin, senilai lebih dari $1,6 miliar, kemudian dipindahkan dari alamat baru ke satu akun di Gemini.

Transfer meninggalkan 28.205 Bitcoin, senilai sekitar $875 juta pada saat itu, dalam cadangan LFG. Selasa pagi dini hari, seluruh jumlah dipindahkan ke akun di Binance.

Namun, apakah Bitcoin di akun Gemini dan Binance itu dijual untuk membeli UST dalam jumlah besar. Tidak mungkin untuk melacak lebih lanjut apakah sejumlah besar Bitcoin telah terjual, atau memindahkan sejumlah dompet lain yang masih dalam kendali LFG.

Setelah bencana yang dipicu oleh runtuhnya UST dan LUNA, banyak yang mulai mempertanyakan transparansi tindakan co-founder Terra dan Terra, Do Kwon, dalam seminggu terakhir.
Pada saat penulisan, UST diperdagangkan pada $0,18, dan dianggap tidak berguna secara fungsional. Bitcoin, bagaimanapun, telah bangkit kembali ke harga di atas $30.000.
close