Cara Mengatasi Kayu mahoni agar tidak terserang Jamur - Navigasi info
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Kayu mahoni agar tidak terserang Jamur

Navigasi Info - kayu mahoni merupakan salah satu kayu yang sering masyarakat kita gunakan untuk membuat furnitur baik itu lemari, ranjang, meja dan lainnya. 

Cara Mengatasi Kayu mahoni agar tidak terserang Jamur
Cara Mengatasi Kayu mahoni agar tidak terserang Jamur


Kayu mahoni menjadi populer diakibatkan kayu mahoni memiliki ketahanan yang cukup kuat mudah dibudayakan serta harga yang cukup ekonomis sehingga tidak sulit untuk mendapatkannya. 

Tentang kayu mahoni


Tanaman Mahoni merupakan tanaman jenis meliaceae yang bernama ilmiah swietenia mahagoni dengan ketinggian pohon mahoni dapat mencapai 40 M dan diameter bisa mencapai 125cm.


Pohon mahoni dapat bertahan hidup di wilayah yang minim dengan air sehingga tak heran jika beberapa negara memanfaatkan tanaman mahoni untuk menjadi tanaman penghijau ruas jalan selain itu pohon mahoni juga dapat memfilter udara sampai 70 % sehingga mampu menghilangkan polusi udara.

Sedangkan untuk kayu mahoni sendiri sudah sejak dahulu dimanfaatkan oleh masyarakat kita untuk dijadikan bahan baku pembuatan furnitur dan bangunan disebabkan corak warna kayu mahoni yang bagus dan kualitas kayu mahoni yang tidak di ragukan lagi.

Dari segi kualitas dan ketahanan kayu mahoni masuk dalam jajaran kayu berkualitas nomor 2 yang masih satu poin dibawah kayu jati jadi tak heran bila mana kayu mahoni juga sering diburu di pasaran untuk di jadikan furnitur seperti lemari , kursi ,meja dan furnitur lainnya.

Cara mengatasi jamur pada kayu mahoni


Walaupun Demikian jika kita ingin menyimpan kayu mahoni dalam waktu yang cukup panjang sudah pasti memerlukan perawatan agar tidak terserang oleh jamur dan serangga yang jadi musuh alami kayu yang mana kita telah membuat rangkumannya cara mengatasi jamur pada kayu mahoni yang mana sebagai berikut :

Bersihkan permukaan kayu


Kebersihan merupakan langkah awal dalam perawatan kayu mahoni agar tidak terkena serangan serangga atau pun jamur di akibatkan kotoran yang menempel membuatnya menjadi lembab dan mudah terkena jamur kayu. 

Kalian dapat mengunakan lap , kemoceng dan lainnya hal ini juga dapat mengatasi warna kusam dari kayu jika rutin kalian lakukan. 

Meletakan di lokasi yang kering


Sebagai mana kita ketahui bahwa kayu jika terkena air atau kelembaban akan mudah terkena jamur dan pelapukan oleh sebab itu sangat kita sarankan pemilihan lokasi yang jauh dari air. 

Hal ini dapat menambah daya tahan kayu mahoni dari berbagai serangan jamur dan menjaga warna kayu serta corak alaminya. 

Gunakan alas di lokasi peletakan nya


Walau terdengar remeh tapi pemberian alas pada kayu di lokasi penempatan nya sangatlah bermanfaat terutama kayu mahoni yang telah dijadikan furnitur hal ini dapat mengurangi goresan pada kaki furnitur sebab tidak bersentuhan langsung dengan tanah atau lantai. 

Selain itu pemberian alas pada kayu mahoni dapat mengurangi tingkat kelembaban sehingga dapat mencegah serangan jamur atau rayap yang sangat fatal. 


Bersihkan Antara sela-sela kayu Menggunakan Kuas


Untuk furniture kayu yang menggunakan ukiran sebaiknya dibersihkan menggunakan kuas  agar tidak meninggalkan kotoran atau debu.
Terutama pada kayu furnitur yang terdapat banyak sela-sela sehingga dapat menjangkau lebih dalam dan debu dapat kita bersihkan secara menyeluruh. 
 


Bersihkan Menggunakan Air Teh Sisa



Anda juga bisa menggunakan sisa teh untuk furnitur. Cukup sapukan lap yang telah di beri air teh sisa pada furnitur, lalu keringkan.

Air teh dapat mencegah jamur di permukaan kayu walau demikian kalian juga jangan sering dilakukan sebab jika tidak kering menyeluruh malah membuat kayu menjadi lapuk. 


Hindari dari sinar matahari langsung



Untuk furniture indoor sebaiknya hindari sinar matahari langsung agar warna finishing tidak mudah pudar.

Jual Furnitur 

furniture Set Furniture Bufet Cermin Bulat
furniture Set Furniture Bufet Cermin Bulat


Nama Produk: furniture Set Furniture Bufet Cermin Bulat
Harga Produk: Rp3.850.000

Jika tertarik untuk membelinya tekan tombol beli dibawah :



Atau  klik link dibawah ini : 



Itulah beberapa hal untuk perawatan kayu mahoni semoga bermanfaat dan Terima kasih telah berkunjung di blog kami. 
close