Ethereum Mendekati Proof-of-Stake Setelah Penggabungan Testnet Baru - Navigasi info
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ethereum Mendekati Proof-of-Stake Setelah Penggabungan Testnet Baru

Navigasi Info - Jaringan Ethereum telah bergerak satu langkah lebih dekat ke The Merge, di mana jaringan akan bertransisi dari mekanisme konsensus Proof-of-Work menjadi mekanisme konsensus Proof-of-Stake (PoS) setelah Sepolia testnet-nya berhasil mengaktifkan PoS.

Ethereum Mendekati Proof-of-Stake Setelah Penggabungan Testnet Baru
Ethereum Mendekati Proof-of-Stake Setelah Penggabungan Testnet Baru


Sepolia adalah yang kedua dari tiga testnet yang menggabungkan lapisan eksekusi Proof-of-Work mereka dengan lapisan konsensus PoS mereka sebelum peningkatan dilakukan di mainnet Ethereum. Testnet Ropsten berhasil digabung pada tanggal 8 Juni, dan testnet berikutnya dan terakhir dong begitu juga Goerli.

Perpindahan Ethereum ke PoS diharapkan dapat meningkatkan desentralisasi node-nya dan mengurangi konsumsi energi jaringan lebih dari 99%. Pengembang diatur untuk terus memantau testnet Seplia untuk memastikannya berfungsi normal setelah penggabungan dan menghilangkan potensi bug.

Penggabungan testnet Goerli diperkirakan akan terjadi dalam tiga hingga empat minggu ke depan, menyiapkan panggung untuk potensi penggabungan mainnet pada bulan September.

Testnet Sepolia Ethereum mengaktifkan konsensus PoS pada hari Rabu di nomor blok 1.450.409. Sepolia adalah yang kedua dari tiga testnet yang menggabungkan lapisan eksekusi proof-of-work (PoW) mereka dengan lapisan konsensus PoS mereka sebelum pemutakhiran dapat berlaku di mainnet Ethereum.

Testnet Ropsten adalah yang pertama bergabung pada 8 Juni. Testnet berikutnya dan terakhir adalah Goerli, diharapkan dalam waktu sekitar satu bulan.

“Senang melihat tes lain yang tampaknya berhasil sejauh ini,” salah satu pendiri Ethereum, Vitalik Buterin, mengatakan dalam panggilan pengembang inti streaming langsung yang membahas penggabungan testnet.

Penggabungan sukses kedua antara konsensus PoS dan lapisan aplikasi di testnets adalah tanda yang menggembirakan bagi investor, pengembang, dan pengguna yang dengan cemas menunggu langkah yang sering tertunda terjadi di mainnet Ethereum. Ethereum berencana untuk beralih ke PoS dari PoW tahun ini untuk meningkatkan desentralisasi node-nya dan mengurangi konsumsi energi jaringan lebih dari 99%.

Pengembang akan terus memantau testnet selama beberapa hari mendatang untuk memastikan bahwa itu berfungsi secara normal di bawah PoS dan menghilangkan potensi bug.

Pada saat-saat awal setelah penggabungan, pengembang melihat slot yang hilang karena beberapa node validator tampaknya mengalami masalah transisi ke sistem baru. Ethereum di bawah PoS memproses transaksi dalam epoch, bukan blok. Setiap epoch berisi 32 slot, yang merupakan periode kira-kira 12 detik di mana validator yang dipilih secara acak dapat mengusulkan blok.

Menurut Danny Ryan, seorang peneliti di Ethereum Foundation, masalah ini disebabkan oleh konfigurasi yang salah dari node yang bersangkutan.

Pendidik Ethereum superphiz.eth menyebut Sepolia menggabungkan “keberhasilan yang gemilang”. Apa berikutnya Testnet publik Goerli akan menjadi ajang pembuktian terakhir untuk The Merge.



Peserta streaming langsung hari ini berspekulasi bahwa perpindahan Goerli ke PoS dapat terjadi dalam tiga hingga empat minggu ke depan, menyiapkan panggung untuk mainnet Ethereum yang berpotensi bergabung pada bulan September.

Harga Ether tidak terpengaruh oleh peristiwa hari ini dan terus diperdagangkan di sekitar $1,140, sejalan dengan pasar crypto yang lebih luas. Cryptocurrency terbesar kedua telah jatuh 75% dari level tertinggi sepanjang masa $ 4.800 yang dicapai delapan bulan lalu.
close