Polygon Meluncurkan Solusi Penskalaan Baru - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Polygon Meluncurkan Solusi Penskalaan Baru

Navigasi Info - Polygon telah mengumumkan peluncuran Polygon zkEVM (Mesin Virtual Ethereum tanpa pengetahuan), yang dikatakan sebagai solusi penskalaan pertama yang kompatibel dengan Ethereum menggunakan bukti tanpa pengetahuan.

Polygon Meluncurkan Solusi Penskalaan Baru
Polygon Meluncurkan Solusi Penskalaan Baru


Pembuktian tanpa pengetahuan adalah metode verifikasi yang terjadi antara dua pihak, di mana yang satu dapat membuktikan kepada yang lain bahwa mereka memiliki pengetahuan tentang sekumpulan informasi tertentu tanpa mengungkapkan informasi itu sendiri.

Polygon pertama kali menggoda zkEVM pada Juli 2021, dan mengatakan bahwa solusi tersebut dirancang untuk bekerja dengan mudah dengan semua kontrak pintar, alat pengembang, dan dompet yang ada di jaringan sambil mengurangi gesekan pengguna dengan menghilangkan kebutuhan akan implementasi ulang kode.

Polygon zkEVM diharapkan mencakup sebagian kecil dari biaya transaksi yang terlihat di Ethereum sambil mewarisi keamanan blockchain. Jaringan tersebut meningkatkan efisiensi permodalan melalui penyelesaian transaksi yang lebih cepat.

Polygon telah meluncurkan solusi penskalaan yang kompatibel dengan Ethereum yang disebut zkEVM.

Berdasarkan bukti tanpa pengetahuan, zkEVM akan memungkinkan pengembang untuk menerapkan kontrak pintar Ethereum dengan mulus yang menskalakan tanpa batas dan secara drastis mengurangi biaya.

“Ini seperti menggunakan Ethereum, tetapi dengan kekuatan penskalaan inovatif dari teknologi ZK,” kata Polygon dalam sebuah pengumuman.


Penskalaan tanpa pengetahuan ( Zero-knowledge ) datang ke Polygon


Menurut pengumuman Polygon, solusi penskalaan Ethereum telah bekerja cukup lama. Perusahaan memutuskan sejak awal bahwa bukti tanpa pengetahuan (ZK) adalah jalur paling menjanjikan untuk mencapai penskalaan tanpa batas.

Polygon menyebut zkEVM-nya “masa depan penskalaan Ethereum.” Seperti solusi penskalaan berbasis zk lainnya, zkEVM adalah protokol Layer-2 yang menggulung sejumlah besar transaksi dan "membuktikan" semuanya ke Ethereum dengan satu bukti validitas ZK.

Polygon Meluncurkan Solusi Penskalaan Baru
Polygon Meluncurkan Solusi Penskalaan Baru


zkEVM mengatasi beberapa solusi penskalaan masalah terbesar seperti pengalaman ini, dengan yang terbesar adalah waktu pembuktian yang lama dan kompatibilitas EVM.

Tim ZK Polygon dilaporkan telah membuat terobosan besar dalam kinerja, secara signifikan meningkatkan waktu pembuatan bukti. Mereka juga telah memperkenalkan kompatibilitas EVM yang sebenarnya.

“Anda dapat membangun di Polygon zkEVM dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan di Ethereum. Anda dapat menerapkan kontrak pintar Ethereum apa pun. Alat apa pun yang berfungsi dengan Ethereum akan berfungsi di Polygon zkEVM. Lakukan apa pun yang akan Anda lakukan di Ethereum, dengan biaya lebih rendah dan kecepatan lebih tinggi, dan verifikasikan di jaringan Ethereum melalui bukti validitas ZK. Ini Ethereum, tetapi dengan skalabilitas ZK.”

Polygon membangun zkEVM sebagai solusi open-source tanpa izin. Kode untuk zkEVM telah diterbitkan dan tersedia untuk digunakan siapa saja.

Platform tersebut mengatakan zkEVM testnet “akan segera ditayangkan”, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang tanggal peluncuran potensial.