Crypto Lender Nexo Dipukul dengan Tindakan Penegakan di Delapan Negara Bagian AS - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Crypto Lender Nexo Dipukul dengan Tindakan Penegakan di Delapan Negara Bagian AS

Navigasi Info - Regulator sekuritas negara bagian di delapan negara bagian A.S. mengambil tindakan terhadap Nexo Group, perusahaan induk pemberi pinjaman cryptocurrency Nexo, yang menyebut Earn Interest Product perusahaan sebagai keamanan yang tidak terdaftar.

Crypto Lender Nexo Dipukul dengan Tindakan Penegakan di Delapan Negara Bagian AS
Crypto Lender Nexo Dipukul dengan Tindakan Penegakan di Delapan Negara Bagian AS


Dalam siaran pers, Departemen Perlindungan dan Inovasi Keuangan California menulis:

“Akun bunga kripto ini adalah sekuritas dan tunduk pada perlindungan investor di bawah hukum, termasuk pengungkapan risiko yang memadai.”

Dokumen tersebut menyebutkan bahwa suku bunga Nexo hingga 36% secara signifikan lebih tinggi daripada suku bunga jangka pendek, tingkat investasi, sekuritas pendapatan tetap atau rekening tabungan bank. CEO Nexo mengatakan perusahaan telah bekerja dengan regulator sekuritas federal dan negara bagian untuk membuat produk Earn Interest-nya sesuai.

Jaksa Agung New York Letitia James menggugat perusahaan crypto Nexo, menuduh bahwa perusahaan itu menyesatkan pelanggan dengan mengatakan bahwa itu terdaftar untuk menjual sekuritas dan komoditas dan bahwa itu tidak disetujui untuk menawarkan layanan seperti "Dapatkan Produk Bunga" yang menjanjikan pengembalian setoran. kripto. Ini adalah langkah hukum terbaru dalam pertarungan antara regulator dan perusahaan crypto yang ingin menawarkan akun penghasil bunga, sering kali bersikeras bahwa mereka tidak boleh diklasifikasikan sebagai sekuritas.

Tujuh negara bagian lainnya - California, Kentucky, Maryland, Oklahoma, South Carolina, Washington, dan Vermont - juga mengajukan "tindakan administratif" terhadap perusahaan, menurut siaran pers dari New York AG. Rilis itu juga mengutip James yang mengatakan: “Nexo melanggar hukum dan kepercayaan investor dengan mengklaim secara salah bahwa itu adalah platform berlisensi dan terdaftar. Nexo harus menghentikan operasinya yang melanggar hukum dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk melindungi investornya.”


Tahun lalu, James mengirim surat ke Nexo dan Celsius yang sekarang bangkrut, memerintahkan bursa untuk berhenti menawarkan layanan yang tidak diizinkan untuk mereka tawarkan di New York. Saat itu, Nexo menanggapi dengan mengklaim telah memblokir warga New York untuk mengakses layanannya. Gugatan, yang dapat Anda baca selengkapnya di bawah, menuduh bahwa itu tidak benar. Menurut gugatan itu, Nexo mengatakan kepada kantor jaksa agung bahwa mereka memberi tahu pelanggannya di New York bahwa akun mereka tidak dapat diakses dan menutup semua layanannya di negara bagian itu pada 11 November 2021. Namun, AG menuduh bahwa Nexo sebenarnya masih memiliki lebih dari "5.000 akun EIP yang didanai oleh investor New York" pada Juli 2022, menurut data yang diberikan regulator.

Gugatan itu juga menuduh bahwa klaim Nexo sebagai "Lembaga Aset Digital Berlisensi & Diatur" adalah menyesatkan. Pada saat penulisan, situs perusahaan mengklaim "sepenuhnya mematuhi semua peraturan dan standar global dan lokal yang berlaku" untuk area tempat ia beroperasi dan mencantumkan lisensi yang dimilikinya untuk beroperasi. Entri dalam daftar itu termasuk lisensi dari Maryland, Oklahoma, dan Carolina Selatan, negara bagian yang juga mengajukan keluhan terhadap perusahaan, menurut New York AG.

Sebuah pernyataan yang dikirim melalui email ke The Verge oleh juru bicara Nexo Magdalena Hristova mengatakan bahwa perusahaan tersebut “bekerja dengan regulator federal dan negara bagian AS dan memahami desakan mereka, mengingat gejolak pasar saat ini dan kebangkrutan perusahaan yang menawarkan produk serupa, untuk memenuhi mandat perlindungan investor mereka dengan memeriksa perilaku masa lalu dari penyedia produk yang menghasilkan bunga.”

Menurut pernyataan itu, Nexo secara sukarela berhenti membiarkan pelanggan baru AS mengakses Produk Bunga Penghasilannya setelah Komisi Sekuritas dan Bursa merilis panduannya tentang produk crypto yang menawarkan bunga pada Februari 2022. Pernyataan itu berlanjut, mengatakan bahwa “Nexo berkomitmen untuk menemukan jalan yang jelas. maju untuk penyediaan produk dan layanan yang diatur di AS, idealnya di tingkat federal.” Pernyataan itu tidak membahas tuduhan bahwa itu salah menyatakan dan menghilangkan informasi tentang "kepatuhan hukum" dari produknya, seperti yang dikatakan oleh gugatan itu.

Awal tahun ini, pertukaran crypto BlockFi harus membayar denda $ 100 juta kepada SEC setelah regulator memutuskan bahwa Akun Bunga BlockFi-nya adalah sekuritas yang tidak terdaftar dan bahwa perusahaan tersebut tidak terdaftar dengan benar untuk menyediakan layanan investasi. Agensi juga mengancam akan menuntut Coinbase jika meluncurkan program serupa pada tahun 2021.
close