Dolar Bisa Menjadi Protokol untuk Masa Depan Uang - Navigasi info
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dolar Bisa Menjadi Protokol untuk Masa Depan Uang

Navigasi Info - Minggu ini di San Francisco saya menghadiri konferensi Converge bertabur bintang Circle Internet Financial dan dikejutkan oleh beragam proyek yang bekerja dengan stablecoin USDC-nya. Peserta termasuk perusahaan pembayaran yang berbasis di Amerika Latin Ripio, yang melihat lonjakan permintaan untuk transfer USDC di Brasil dan Argentina, atau penyedia layanan Web3 Recur, yang hanya menerima stablecoin dari pengguna dari berbagai dunia metaverse, termasuk Star Trek Continuum.

Dolar Bisa Menjadi Protokol untuk Masa Depan Uang
Dolar Bisa Menjadi Protokol untuk Masa Depan Uang


Tampaknya USDC, stablecoin kedua yang paling banyak diperdagangkan, sedang mengembangkan “ekosistem”nya sendiri, sebuah kata (mungkin terlalu sering digunakan) yang diterapkan oleh pendukung sumber terbuka ke jaringan pengembang dan penyedia pihak ketiga yang dibangun di atas platform teknologi. Di bawah ini saya akan mendapatkan pelajaran yang saya lihat di sini untuk anggota parlemen AS yang merenungkan bentuk digital apa yang harus diambil dolar. Tapi pertama-tama mari kita renungkan ide-ide ekosistem ini karena berkaitan dengan stablecoin seperti USDC. Ini bukan konsep yang jelas, meskipun implikasinya sangat dalam.

Mari kita bandingkan Converge dengan NEARCon, konferensi tahunan yang disponsori oleh Near Foundation yang saya hadiri dua minggu lalu di Lisbon. Lebih mudah untuk memahami peristiwa itu sebagai “konferensi ekosistem.” Seperti pertemuan lainnya – Devcon Ethereum menjadi contoh utama – Near menggunakannya untuk menyatukan dan memberi energi pada komunitas pengembang dan perusahaan yang jauh membangun dapps dan layanan lainnya dengan kontrak pintar yang berjalan pada protokolnya.

USDC bukan protokol kontrak pintar untuk dapps. Ini terutama kendaraan pembayaran, dipahami oleh kebanyakan orang sebagai "koin." Ini adalah ekspresi tokenized dari nilai berbasis dolar yang kebetulan lebih cair daripada dolar non-digital, yang dapat ditukar peer-to-peer melalui blockchain publik. (Peluncuran Circle pada hari Rabu dari protokol transfer lintas-rantai baru membawa USDC sedikit lebih dekat ke definisi yang lebih umum dari protokol kripto, tetapi itu bukan alasan semua pihak ketiga, penyedia terkait USDC menghadiri acara tersebut.) Namun, seperti yang saya lihat, USDC sedang mengembangkan induk dari semua protokol.

Uang sebagai protokol


Ketika Jeff John Roberts dari Fortune meminta CEO Circle Jeremy Allaire pada konferensi pers pada hari Rabu untuk mengklarifikasi apa yang dia maksud dengan USDC sebagai "platform," jawaban dua bagiannya instruktif.

Bagian pertama berfokus pada antarmuka pemrograman aplikasi (API) USDC, yang menyediakan akses terbuka bagi pemrogram luar ke alat pengkodean dan data untuk diserap ke dalam program mereka. Itu konsisten dengan ide klasik platform/protokol teknologi yang mendorong pengembangan perangkat lunak luar untuk menumbuhkan nilai keseluruhan.

Tapi kemudian Allaire beralih ke dolar itu sendiri, menggambarkannya sebagai "standar" nilai yang ditetapkan untuk internet. Idenya adalah bahwa mata uang AS, yang sekarang dinyatakan dalam bentuk “dapat diprogram” melalui USDC dan stablecoin berbasis dolar lainnya, dapat menjadi “platform yang dapat diperluas” sendiri.

Ini membuat saya berpikir tentang gagasan "protokol" yang lebih luas di luar makna khusus perangkat lunaknya. Pada intinya, protokol adalah seperangkat aturan yang disepakati dimana pihak independen terlibat satu sama lain. Mereka menyediakan fungsi standarisasi yang vital bagi perdagangan dan masyarakat pada umumnya. Mereka merupakan bagian integral dari peradaban dan datang dalam berbagai bentuk. Sebuah bahasa, misalnya, adalah sebuah protokol. Ketika dua orang berbicara menggunakan protokol bahasa Inggris, mereka diam-diam setuju bahwa benda yang mereka duduki adalah "kursi." Tetapi jika mereka beralih ke bahasa Spanyol, kursinya adalah "sillas." Tidak ada kata yang benar atau salah dalam arti yang wajar. Mereka dibuat-buat. Tetapi dengan menyetujui untuk menggunakan aturan secara umum, kami memungkinkan komunikasi. (Bukan kebetulan kode perangkat lunak dapat ditulis dalam "bahasa" yang berbeda.)

Uang juga merupakan konsep yang dibuat-buat. Ini adalah referensi yang disepakati untuk mengukur dan mereferensikan tolok ukur nilai. Dalam pengertian ini, ini adalah protokol. Dolar adalah protokol pertukaran nilai paling sukses dalam sejarah. Dan jika, seperti yang dikatakan Allaire, standar itu dapat berkembang di lingkungan perangkat lunak sumber terbuka dan tanpa izin, itu akan mendorong ledakan ide dan aplikasi baru, bersama dengan penciptaan nilai besar-besaran, seperti yang dilakukan oleh platform internet global yang tanpa izin dan dapat diperluas.

Hitung saya sebagai terjual. Menurut saya tesis ini benar. Dan itu adalah salah satu anggota parlemen AS yang harus dipertimbangkan secara serius. Ketika menimbang proposal yang bersaing untuk mengatur stablecoin, mereka harus menyadari bahwa jika mereka menyerahkan pengembangan dolar digital kepada pemerintah, melalui mata uang digital bank sentral (CBDC), mereka tidak akan mencapai apa pun di dekat inovasi dan penciptaan nilai yang dilakukan oleh komunitas global terbuka. -pengembang sumber akan melepaskan dengan stablecoin. Dengan kekhawatiran AS akan kehilangan perlombaan senjata digital dengan aliansi China-Rusia, AS dapat menyebarkan kepentingan AS dengan mendorong ekosistem semacam itu. Tetapi sesuatu yang menjadi kepentingan pemerintah AS belum tentu menjadi kepentingan dunia. Pertama, seperti yang diingatkan oleh aktivis dan penulis Brett Scott kepada saya selama obrolan api unggun di NEARCon, ekspansi global dolar sama dengan hilangnya kedaulatan di tempat lain. Penduduk lokal asing akan kehilangan kendali atas suplai uang mereka, dengan kondisi kredit yang ditentukan oleh Washington. Orang bisa berargumen bahwa internet finansial yang sangat mahal adalah bentuk kolonialisme digital AS.

Dan, sementara saya setuju dengan analisis Allaire tentang bagaimana menyelaraskan kepentingan AS dengan inovasi keuangan terbaru, kita harus berhati-hati dalam menempatkan terlalu banyak kekuasaan di tangan beberapa perusahaan swasta seperti Circle. Kami membuat kesalahan itu sekali dengan Web2. Circle membicarakan permainan yang bagus dalam upaya lobinya, mendorong kompetisi stablecoin terbuka, dan saya pikir kita dapat mengambilnya, setidaknya untuk saat ini, dengan keyakinan yang baik. Tetapi seperti yang telah kita lihat dari bagaimana Google, Amazon, Facebook, dkk. telah menggandakan model bisnis ekstraktif dan penyalahgunaan privasi mereka, meskipun ada protes publik yang berkembang, setiap perusahaan stablecoin yang sukses akan menghadapi tekanan memaksimalkan keuntungan tanpa henti dari pemegang saham untuk mengukir posisi anti-persaingan.

Saya pikir kedua masalah itu dapat diatasi jika anggota parlemen AS menerapkan pendekatan internasional dan prinsip-prinsip yang mendorong persaingan. Apakah ada model, misalnya, yang memungkinkan komunitas di luar AS – baik itu nasional atau lokal – untuk memalsukan ekspresi nilai baru yang memberi mereka hak atas sumber daya dan masa depan ekonomi mereka? (Saya sangat tertarik dengan mata uang digital yang didukung alam seperti yang dibuat oleh Single Earth untuk mendorong perlindungan keanekaragaman hayati dan penyerap karbon di negara berkembang.) Selain itu, untuk benar-benar melepaskan kekuatan inovasi platform dengan dolar digital, kita harus melonggarkan batasan akses yang dibuat oleh aturan Know Your Customer (KYC) dan Anti-Money Laundering (AML) dan mengurangi kekuatan pengawasan transaksi bank-bank AS. Ciptakan akses yang lebih bebas ke dolar di antara orang-orang yang terpinggirkan secara finansial dan hal-hal menakjubkan akan terjadi. Visi Circle mengandung kemungkinan sistem keuangan global yang didefinisikan ulang secara radikal, mengatasi penyalahgunaan yang semakin terbukti dilanggar. Tetapi visi itu harus dibingkai dalam prinsip-prinsip yang bijaksana, inklusif, dan mengutamakan manusia.
close