Platform DeFi Berbasis Solana Mango Menderita Eksploitasi $100 Juta - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Platform DeFi Berbasis Solana Mango Menderita Eksploitasi $100 Juta

Navigasi Info - Protokol keuangan terdesentralisasi (DeFi) Solana telah mengalami eksploitasi $ 100 juta yang melihat penyerang "manipulasi jaminan Mango mereka."

Platform DeFi Berbasis Solana Mango Menderita Eksploitasi $100 Juta
Platform DeFi Berbasis Solana Mango Menderita Eksploitasi $100 Juta


Menurut tim di belakang Mango, itu mengalami insiden di mana "seorang peretas dapat menguras dana dari Mango melalui manipulasi harga oracle." Platform DeFi menonaktifkan deposit sebagai tindakan pencegahan.

Tim menambahkan bahwa dua akun yang didanai dengan USDC “mengambil posisi yang terlalu besar” dalam kontrak berjangka abadi untuk MNGO. Akibatnya, harga MNGO/USD yang mendasari di berbagai bursa, termasuk FTX dan Ascendex, “mengalami kenaikan harga 5-10x dalam hitungan menit.”

Setelah memanipulasi agunan mereka, penyerang “memaksimalkan pinjaman yang tersedia dari deposit setara $190 juta di platform,” untuk mengekstrak sekitar $100 juta nilai bersih dari platform.

Peretas kemudian mengusulkan untuk mengirim kembali mSOL, SOL, dan MNGO yang dicuri jika Mango Markets berjanji untuk membayar kembali kredit macet menggunakan USDC dari perbendaharaannya. Hutang macet berasal dari dana talangan yang dikumpulkan Mango Markets dan Solend untuk ikan paus Solana yang memiliki hutang $ 207 juta yang tersebar di berbagai platform.

Bagian dari proposal peretas melibatkan janji dari Mango bahwa ia tidak akan melanjutkan penyelidikan kriminal atau membekukan dananya.

Mango, platform DeFi yang berjalan di blockchain Solana, mengalami eksploitasi $ 100 juta, CoinDesk melaporkan, mengutip tweet oleh auditor blockchain OtterSec. Token asli protokol, MNGO, melihat nilainya meningkat secara eksponensial. Cara ini terjadi masih belum diketahui.

Dana yang terkuras masih ada di Solana


Pada saat publikasi, dana yang terkuras tetap berada di blockchain Solana. Binance, Coinbase, Kraken, dan pertukaran terpusat lainnya membuat daftar hitam alamat yang menyinggung dalam kasus seperti itu. Mereka cenderung terlibat sebagai satu-satunya platform dengan likuiditas yang cukup untuk menguangkan jumlah yang begitu besar.

"Token tata kelola [MGNO] dihargai jauh lebih dari yang seharusnya. Dengan itu, [penyerang] dapat mengambil pinjaman besar untuk melawannya dan kemudian menguras kumpulan [likuiditas] Mango. Ini seperti perlombaan pinjam-pinjam: jika Anda memiliki agunan yang dinilai terlalu tinggi, Anda dapat meminjam dengan agunan itu, dan itulah yang mereka lakukan."

Mango mengatakan sedang mengambil tindakan pencegahan dengan menonaktifkan simpanan di ujung depan dan langkah-langkah bagi pihak ketiga untuk "membekukan dana dalam penerbangan." Mango adalah platform perdagangan cryptocurrency terdesentralisasi di blockchain Solana, yang memungkinkan penggunanya mengambil pinjaman dan melakukan perdagangan spot. Token MNGO turun lebih dari 40% karena berita. Tren yang mengkhawatirkan Eksploitasi ini adalah serangan DeFi kedua yang sangat signifikan hanya dalam beberapa hari. Pekan lalu, Binance Smart Chain mengalami peretasan senilai $80 juta.
Dwi Ari wijaya
Dwi Ari wijayaJust an unemployed jobless for a hobby
close