Crypto Fund Sino Global Memiliki Hubungan Dalam dengan FTX Di Luar Investasi Ekuitas - Navigasi info
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Crypto Fund Sino Global Memiliki Hubungan Dalam dengan FTX Di Luar Investasi Ekuitas

Navigasi Info - Sebuah perusahaan investasi crypto terkemuka yang berbasis di Asia, Sino menginvestasikan banyak token yang paling terpukul oleh terurainya kerajaan crypto FTX Sam Bankman-Fried, dokumen menunjukkan. FTX juga merupakan mitra utama dalam dana besar yang dikumpulkan Sino dengan modal investor luar.

Crypto Fund Sino Global Memiliki Hubungan Dalam dengan FTX Di Luar Investasi Ekuitas
Crypto Fund Sino Global Memiliki Hubungan Dalam dengan FTX Di Luar Investasi Ekuitas


Sino Global Capital, salah satu investor crypto terbesar dan paling terkenal di Asia, dipimpin oleh Matthew Graham, men-tweet sebuah pernyataan minggu ini bahwa “eksposur langsung ke pertukaran FTX terbatas pada pertengahan tujuh angka yang ditahan.”

Kata-kata dari pernyataan tersebut membuka pertanyaan tentang seberapa besar kemungkinan eksposur tidak langsung perusahaan – termasuk portofolio token digital yang mencapai $129 juta baru-baru ini awal tahun ini, menurut dokumen investor; banyak dari token tersebut, termasuk SOL blockchain Solana, termasuk di antara mereka yang terkait erat dengan Sam Bankman-Fried, jagoan crypto yang pernah menjadi miliarder, anak-anak, menjadi paria yang menjalankan FTX.

Apa yang mendorong pengawasan ekstra sekarang adalah munculnya dek slide – diposting di situs web publik tetapi dikonfirmasi sebagai asli oleh orang yang mengetahui masalah ini – bahwa Sino telah berbelanja ke investor awal tahun ini ketika mengumpulkan dana investasi crypto, dengan menargetkan sebanyak $200 juta.

FTX dijelaskan dalam dek slide sebagai "mitra" dalam penggalangan dana, dengan potensi untuk membuka "nilai strategis yang signifikan". Pada Januari, dana tersebut telah mengumpulkan $90 juta, dengan FTX sebagai investor jangkar.

Sino, dalam upaya memasarkan rekam jejak investasinya sendiri, memasukkan daftar rinci investasinya sendiri – sekitar $129 juta dari "investasi mark-to-market." Mereka termasuk token SOL asli Solana bersama dengan Serum (SRM), Peta (MAPS), Oksigen (OXY) dan Protokol Jet (JET).

Masing-masing token tersebut telah mengalami penurunan harga sebesar 80% atau lebih karena kerajaan crypto Bankman-Fried terurai, termasuk kebangkrutan FTX baru-baru ini.

Tidak jelas apakah Sino masih memiliki token yang membentuk buku perdagangan berpemilik per Januari, atau berapa banyak dana baru yang saat ini dikelola, atau apa yang dimiliki dana tersebut. CoinDesk tidak dapat memperoleh dokumen terbaru tentang kinerja perincian dana atau portofolio saat ini.

Jika investasi belum dilikuidasi, satu kekhawatiran mungkin adalah bahwa sedikit nilai yang tersisa dalam kepemilikan token dapat terkikis lebih jauh jika Sino pindah untuk membuangnya; token diperdagangkan sangat tipis sehingga kemungkinan besar tidak ada cukup pembeli yang bersedia dengan harga saat ini yang sudah tertekan. “Likuiditas tidak cukup untuk menjual semua token,” kata Sara Gherghelas, analis blockchain di DappRadar. “Penjualan dapat dilakukan jika tim menggunakan beberapa token mereka sendiri untuk menyediakan likuiditas yang diperlukan. Jika ini terjadi, maka akan menyebabkan penurunan harga yang drastis.”

Dana Liquid Value I diluncurkan pada akhir 2021 di puncak mania pasar bullish, menargetkan kenaikan $200 juta. Ini adalah pertama kalinya Sino, yang sebelumnya hanya berinvestasi terutama sebagai prinsipal, beralih ke modal luar dalam kendaraan dana formal. Di antara investasi utamanya, Sino Global juga merinci portofolio aset senilai $6,8 juta yang tidak memiliki harga pasar yang tersedia. Itu termasuk saham ekuitas di FTX dan cabang Amerikanya, FTX.US.

Di antara investasi utamanya, Sino Global juga merinci portofolio aset senilai $6,8 juta yang tidak memiliki harga pasar yang tersedia. Itu termasuk saham ekuitas di FTX dan cabang Amerikanya, FTX.US. Dek slide tidak mengatakan dengan tepat investasi apa yang akan dilakukan dalam dana baru, tetapi dikatakan bahwa "Dana Nilai Cair saya dapat menunjukkan kerusakan yang serupa" dengan investasi milik Sino. Liquid Value Fund I saat ini aktif, menurut pengajuan dengan direktori dana Kepulauan Cayman, dengan tanggal pendaftaran September 2021.

Patrick Loney, penasihat umum perusahaan dan kepala hubungan investor, menanggapi email dari CoinDesk yang meminta komentar tentang dana Liquid Value I, dengan mengatakan dia akan segera kembali. Dia cc'd Mona Hamdy, chief strategy officer. Hamdy mengatakan dalam email setelah publikasi cerita ini bahwa dana investasi luar tidak memiliki posisi yang sama dengan kepemilikan utama yang dirinci dalam slide deck. Dia mengatakan bahwa fokus besar dari upaya investasi dana tersebut adalah pada infrastruktur dan permainan.

Jika pilihan investasi token di Liquid Value Fund I serupa dengan pilihan yang dibuat Sino untuk portofolio investasinya, itu mungkin pertanda buruk bagi dana tersebut – karena, seperti halnya dengan portofolio hak milik, banyak harga untuk token tersebut telah mengalami penurunan tajam tahun ini. Data dari CoinGecko menunjukkan bahwa MAPS, OXY, dan JET diperdagangkan sangat tipis di pasar aset digital, dengan volume perdagangan harian kurang dari $250.000. Ajay Dhingra, kepala riset dan analitik di Unizen, mengatakan bahwa, “Jika seseorang mengeksekusi order jual pasar sebesar 1 juta MAPS, ia dapat dengan mudah menghapus pembukuan sisi beli dengan slippage 25-30%.”

Investor Dihapus?


Sino mengatakan dalam pernyataannya minggu ini bahwa "Kami memercayai FTX sebagai aktor yang baik yang berkomitmen untuk mendorong industri maju," dan bahwa "Kami sangat menyesali kepercayaan yang salah tempat itu."

Sino Global Capital berfungsi seperti biasa dan terus berinvestasi sebagai dana, menurut pernyataan itu. "Investasi dana telah diseimbangkan di seluruh ekosistem, dan kami tidak menggunakan leverage atau strategi perdagangan jangka pendek."

Ada kemungkinan Sino menjual beberapa kepemilikan untuk mengambil keuntungan atau mengurangi eksposur. Tetapi bahkan jika mereka dijual sebelum kejatuhan dramatis dalam dua minggu terakhir, pengembaliannya akan dipertanyakan mengingat penurunan harga awal tahun ini di seluruh pasar crypto. Koneksi Tom Brady Seseorang yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kepada CoinDesk bahwa pilar utama pemasaran dana adalah untuk memainkan koneksi dengan FTX dan Bankman-Fried. Nama Bankman-Fried dan logo FTX tampil menonjol di dek slide bulan Januari.

Yang juga disebut-sebut adalah "pengenalan merek yang berkembang pesat di AS melalui sponsor profil tinggi Miami Heat Arena, MLB, dan atlet bintang termasuk Tom Brady, Steph Curry, dan Lewis Hamilton" dari FTX. Graham dari Sino awalnya dijadwalkan untuk tampil di panel minggu ini tentang "prospek aset digital" pada konferensi investasi di Singapura bersama Matthew Heller, seorang eksekutif FTX.
close