Genesis Akan Bangkrut Mengikuti FTX - Navigasi info
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Genesis Akan Bangkrut Mengikuti FTX

Navigasi Info - The lending arm pemberi pinjaman dari broker cryptocurrency Genesis menangguhkan penebusan dan originasi pinjaman baru karena berurusan dengan gelombang penarikan setelah jatuhnya FTX. Dalam sebuah pernyataan di Twitter, Genesis mengatakan “permintaan penarikan yang tidak normal” telah melampaui “likuiditas saat ini”.

Genesis Akan Bangkrut Mengikuti FTX
Genesis Akan Bangkrut Mengikuti FTX


FTX, yang pernah menjadi pertukaran cryptocurrency terbesar ketiga berdasarkan volume, mengajukan kebangkrutan minggu lalu, menyebabkan kepanikan merebak di komunitas crypto karena investor menarik dana mereka dari bursa lain karena takut mereka akan mengalami nasib yang sama. Masuknya penarikan ini juga melanda Genesis, yang terungkap minggu lalu bahwa ia memiliki $175 juta yang dikurung di FTX.


Digital Currency Group (DCG) — grup modal ventura yang memiliki Genesis, Grayscale Investments, dan outlet berita crypto CoinDesk — memberi pialang itu infus ekuitas senilai $140 juta untuk membantunya mengatasi keruntuhan. DCG juga terjun untuk membantu Genesis setelah jatuhnya dana lindung nilai crypto Three Arrows Capital (3AC) pada bulan Juli dan menanggung kewajiban atas klaim $ 1,2 miliar yang diajukan Genesis terhadap perusahaan yang sekarang bangkrut. DCG mengatakan langkah Genesis untuk menangguhkan penarikan “tidak berdampak pada operasi bisnis DCG dan anak perusahaan kami yang dimiliki sepenuhnya.”

Dalam laporan pendapatan terbarunya, Genesis melaporkan penurunan pinjaman aktif sebesar 80 persen jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, merosot dari $4,9 miliar pada kuartal kedua menjadi hanya $2,8 miliar pada kuartal ketiga. Genesis juga memberhentikan 20 persen pekerjanya setelah 3AC runtuh dan menggantikan mantan CEO Michael Moro dengan COO Derar Islam. Ke depan, Genesis mengatakan akan mengumumkan "rencana untuk bisnis pinjaman" minggu depan dan langkahnya tidak akan memengaruhi bisnis perdagangan atau kustodiannya.

Berita itu sudah mulai bergema di seluruh industri cryptocurrency. Gemini, pertukaran crypto yang dimiliki oleh Tyler dan Cameron Winklevoss, mengumumkan bahwa mereka menghentikan penarikan pada program Earn-nya, yang menggunakan Genesis sebagai mitra pinjamannya. Circle, penerbit stablecoin USDC, juga terpengaruh, karena bermitra dengan Genesis untuk memberikan kredit berbasis USDC ke bisnis dan pedagang. Seperti yang ditunjukkan oleh Blockworks, hasil persentase tahunan (APY) Circle turun menjadi nol, saat berada di 0,25 persen pada hari Selasa.

Sementara itu, platform crypto lainnya, seperti Binance dan Crypto.com, berusaha untuk mengatasi ketakutan dengan menerbitkan bukti cadangan di tengah dorongan untuk menjadi lebih transparan dengan investor. Sementara CEO Crypto.com Kris Marszalek mengatakan pertukaran “memiliki eksposur nol ke Genesis dan Gemini Earn,” CEO Binance Changpeng “CZ” Zhao menjelaskan perusahaan “tidak bergantung pada Genesis atau pihak ketiga lainnya untuk produk Earn kami.”
close